testimoni

testimoni

KA Perintis Lembah Anai Resmi Beroperasi

Direktur Jenderal Perkeretaapian saat memberikan semboyan 40 kepada KA Perintis Lembah Anai
picture by: Gaguk Dwisasongko

[2/11/16]. Kereta api yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sumatera Barat akhirnya resmi beroperasi. Kemarin (1/11) Kereta Api Perintis Lembah Anai resmi beroperasi. Peresmian KA Perintis ini dilakukan di Stasiun Lubuk Alung. Peresmian ini dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait seperti Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono, Kepala Divre 2 Sumatera Barat Sulthon Hasanudin, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pemberangkatan perdana KA Perintis ini ditandai dengan pemberian semboyan 40 oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono. Rangkaian yang digunakan oleh KA Perintis ini merupakan rangkaian Railbus buatan PT INKA Madiun yang terdiri atas 3 kereta dengan nomor seri K3 2 11 01, K3 2 11 02, dan K3 2 11 03 atau biasa disebut masyarakat dan pecinta kereta api di Sumatera Barat dengan julukan "Mak Buih".

Railbus ini memiliki rute Sicincin-Lubuk Alung-Kayutanam dengan total 8 perjalanan sehari, di mana ada 4 pemberangkatan dari Sicincin, 2 pemberangkatan dari Lubuk Alung, dan 2 pemberangkatan dari Kayutanam. Harga tiket perjalanan KA Perintis Lembah Anai ini sangatlah terjangkau, yakni hanya 3000 Rupiah saja untuk sekali jalan.


Sebelum KA Perintis ini dioperasikan, PT KAI Divre 2 Sumatera Barat melakukan sejumlah uji coba lintas menggunakan rangkaian Railbus Mak Buih menuju Lubuk Alung pada tanggal 12 Juli lalu. Selain itu, PT KAI Divre 2 Sumatera Barat juga melakukan sosialisasi pengoperasian KA Perintis ini kepada masyarakat di sekitar jalur pada Oktober lalu.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment