testimoni

testimoni

Kecelakaan Kereta Api di India, 120 Orang Tewas

Kecelakaan kereta api yang terjadi di Uttar Pradesh pada hari Minggu kemarin
CNN

[21/11/16]. Sebuah kecelakaan tunggal kereta api terjadi di wilayah Uttar Pradesh, sebelah utara India pada Minggu (20/11) kemarin. Dilansir dari BBC, kecelakaan ini menimpa perjalanan kereta api express relasi Indore-Patna. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 3.00 waktu India atau sekitar pukul 5.00 Waktu Indonesia Barat. Kecelakaan ini terjadi di dekat Kota Kanpur, Uttar Pradesh, India. 

14 kereta anjlok dan terguling dalam kecelakaan ini. Kerusakan terparah terjadi pada kereta pertama dan kedua dari rangkaian kereta yang berada tepat di belakang lokomotif. Kedua kereta ringsek dan hancur hingga nyaris tak berbentuk sehingga banyak korban yang terjebak di dalam reruntuhan kereta. 

Korban selamat yang berhasil keluar dari rangkaian kereta
CNN

Salah seorang penumpang bernama Krishna Keshav menuturkan bahwa dirinya dan penumpang lainnya tengah tertidur saat peristiwa terjadi. Dia dan para penumpang terbangun saat kereta mengalami guncangan keras pada pukul 3 pagi. Salah seorang penumpang yang naik di kereta yang tidak ikut anjlok mengatakan bahwa pada saat kejadian kereta berjalan dengan kecepatan normal.

Petugas penyelamat berusaha untuk mengevakuasi para korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan kereta. Alat berat diturunkan untuk membongkar reruntuhan kereta dan mengevakuasi korban yang terjebak. Setidaknya ada 120 orang tewas dalam peristiwa ini. Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan pihak terkait. Diduga, rel patah menjadi penyebab kecelakaan ini.

Kecelakaan ini merupakan salah satu yang terparah dalam sejarah perkeretaapian India. Pada 2010 kereta penumpang relasi Kalkuta-Mumbai anjlok dan terguling di Midnapore Barat, Bengal Barat, India. Kecelakaan ini menyebabkan 100 orang tewas. Polisi menduga kecelakaan ini disebabkan oleh sabotase yang dilakukan oleh orang-orang Maois. Yang terparah terjadi di Firozabad pada 1995. Dua kereta express bertabrakan dan menyebabkan 358 orang tewas dalam kecelakaan ini.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment