testimoni

testimoni

KRL Buenos Aires Line C Ngedrift, Perjalanan Terganggu

KRL Buenos Aires Line C yang mengalami kecelakaan
picture by: Ismael Farias

[6/11/16]. Kereta api anjlok terjadi di Argentina, lebih tepatnya di Jalur Buenos Aires Subway Line C pada Sabtu (5/11) kemarin. Kereta mengalami multi track drifting alias salah satu bogie kereta melenceng dari jalur kereta dan masuk ke jalur yang berlawanan. Multi track drifting ini terjadi pada kereta pertama dari rangkaian kereta.

Rangkaian yang menjadi korban merupakan rangkaian eks. Nagoya Subway seri 300 yang mulai beroperasi di Argentina pada 2015 lalu. Dilansir dari laman resmi Buenos Aires Subway, insiden terjadi di jalur bawah tanah pada saat kereta baru dilangsir keluar dari Dipo Constitution menuju Stasiun Constitution pada pukul 10.25 waktu Argentina atau sekitar pukul 20.25 Waktu Indonesia Barat.

Rangkaian mengalami drifting pada melintas di sebuah wesel menuju stasiun. Bogie belakang kereta pertama tiba-tiba berbelok dan berpindah jalur yang menyebabkan kereta mengalami drifting. Bogie belakang kereta yang berbelok secara tiba-tiba menyebabkan bagian depan kereta menghantam dinding terowongan. Awalnya rangkaian ini akan digunakan untuk layanan limited service antara Retiro dan San Juan.


Kereta pertama yang mengalami drifting
Buenos Aires Subway

Akibat peristiwa ini bagian depan kereta mengalami kerusakan akibat menghantam dinding terowongan. Insiden ini juga menyebabkan perjalanan di Line C Buenos Aires Subway dihentikan perjalanannya akibat jalur menuju Stasiun Constitution terhadang oleh kereta yang mengalami drifting. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena saat kejadian kereta baru keluar dari dipo dan masih dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi pihak terkait.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment