testimoni

testimoni

Mengapa Papan Ini Ditempatkan di Jalur Sebelah Kiri?

Sebuah KRL dengan semboyan di jalur kiri
Beberapa dari anda pasti pernah hunting atau tinggal dekat sinyal muka atau sinyal masuk stasiun. Anda pasti pernah melihat papan seperti gambar diatas ditempatkan di sebelah kiri jalur di mana papan tersebut berwarna kuning di dekat sinyal muka dan berwarna merah di dekat sinyal masuk. Posisi ditempatkannya papan tersebut pun tak lazim, yakni ditempatkan di lajur sebelah kiri di jalur ganda. 

Lain halnya dengan papan semboyan pada umumnya yang ditempatkan di sebelah kanan jalur ganda. Banyak dari anda bertanya-tanya, apa fungsi dari papan merah dan kuning tersebut? Dan mengapa mereka ditempatkan di sebelah kiri jalur ganda bukan di sebelah kanan pada umumnya? Semboyan yang anda lihat itu adalah semboyan 8C dan 8D.

Semboyan 8C dan 8D digunakan untuk menandakan keberadaan sinyal muka dan sinyal masuk stasiun ketika kereta berjalan di sepur salah atau jalur sebelah kiri pada jalur ganda. Kedua semboyan ini meskipun memiliki bentuk yang sama namun memiliki fungsi, warna, kode dan penempatan yang berbeda.

Semboyan 8C berbentuk papan bulat kuning yang ditempatkan di sebelah kiri jalur dan ditempatkan di sebelah sinyal muka stasiun. Fungsinya untuk memberitahukan kereta yang berjalan di sepur salah bahwa kereta akan melintasi sinyal muka dan kereta diperbolehkan melintasi sinyal muka dengan kecepatan terbatas (30 km/jam). Semboyan ini memiliki kode MJ dan diikuti nomor sinyal masuk stasiun yang berada di depannya.

Penjelasan tentang semboyan 8C
Wikipedia
Contoh semboyan 8C penanda sinyal muka Stasiun Universitas Indonesia
Penempatan semboyan 8C di samping sinyal muka stasiun
Sedangkan semboyan 8D berbentuk papan bulat merah yang ditempatkan di jalur kiri di sebelah sinyal masuk stasiun. Fungsinya adalah untuk memberitahukan kereta yang berjalan di sepur salah bahwa sinyal di depan adalah sinyal masuk stasiun dan kereta harus berhenti di depan papan itu sampai mendapat perintah dari PPKA untuk masuk ke stasiun. Papan ini memiliki kode yang sama seperti kode sinyal masuk yang diwakili di sampingnya yakni J dan diikuti oleh nomer sinyal masuk.

Penjelasan tentang semboyan 8D
Wikipedia

Contoh semboyan 8D yang ditempatkan di sebelah kiri sinyal masuk Stasiun Bojong Gede
Penempatan semboyan 8D di sebelah sinyal masuk
Perlu diingat bahwa semboyan 8C dan 8D ini hanya ditempatkan di jalur ganda yang memungkinkan kereta berjalan di sepur salah saat keadaan darurat. Anda tidak akan menemukan semboyan 8C dan 8D ini di jalur tunggal karena di jalur tunggal tidak ada yang namanya sepur salah sehingga keberadaan semboyan 8C dan 8D ini tidak diperlukan.


Bayu Tri Sulistyo | RE Digest

Wikipedia

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment