testimoni

testimoni

Menteri Perhubungan dan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Meninjau Pembangunan Underpass Manggarai

Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan Plt Gubernur DKI Jakarta meninjau pembangunan underpass Stasiun Manggarai (Kompas)
[25/11/16] Masih ingat dengan pembangunan underpass di Stasiun Manggarai? Ya, proyek yang dimulai sejak 2015 dengan tujuan untuk membantu proses penyeberangan penumpang transit agar tidak harus berkutat dengan rangkaian yang menghalangi penyeberangan atau mengadu nyawa karena mengejar penyeberangan di hadapan KA yang akan tiba ini ternyata sudah hampir selesai.

Pada Jumat 25 November 2016 siang tadi, Mentri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi serta Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono beserta tim meninjau kondisi proyek pembangunan underpass di Stasiun Manggarai. Rombongan mendatangi lokasi proyek secara langsung dengan turun memasuki underpass melewati tangga pada jalur 1 (Sebelah KFC, dekat penyeberangan yang ada sekarang).
Tim Menteri Perhubungan RI dan Plt Gubernur DKI Jakarta beserta rombongan turun melalu tangga jalur 1 (Billy Ab Pluss)
Berdasarkan yang dilansir dari Kompas.com, dari hasil tinjauan Mentri Perhubungan Republik Indonesia dan Plt Gubernur DKI, kondisi pada underpass Stasiun Manggarai sudah sebagian besar jadi. Tangga pada jalur 1 sudah siap untuk digunakan. Selain itu, keadaan interior terowongan sudah sebagian besar siap, dengan keadaan interior dicat putih dan lantai sudah diaspal dengan kekurangan sedikit serta kipas angin sudah terpasang.

Terdapat empat tangga, yaitu tangga pada peron jalur 1, 2, jalur 3 dan 4, serta jalur 5 dan 6 yang berfungsi sebagai akses terowongan underpass Stasiun Manggarai dari peron. Pada tangga jalur 3 dan 4 serta jalur 5 dan 6, juga rencananya akan disediakan eskalator untuk membantu kelancaran arus penumpang yang tampak dengan adanya bagian kosong yang disisihkan pada samping tangga.

Meski demikian, dari pengamatan Penulis sendiri yang kebetulan berada di lokasi pada sore harinya, masih ada beberapa hal yang belum siap pada proyek ini, terutama eskalator yang direncanakan untuk ditempatkan di akses underpass jalur 3 dan 4 serta jalur 5 dan 6 yang masih belum ada tanda-tandanya, serta tangga selain jalur 1 masih berlangsung proses proyek sehingga masih diberi pita kuning.
Aktivitas proyek yang masih berlangsung di tangga jalur 5 dan 6. Tampak tempat untuk eskalator yang meskipun sudah siap, belum ada tanda-tanda pengadaan unitnya. Hal yang sama terjadi pada tangga jalur 3 dan 4
Tangga jalur 2 yang masih ditutup.
Proyek ini ditargetkan selesai November 2016, yang itupun sebenarnya sudah meleset dari target awal yaitu Februari 2016 sejak awal pembangunannya pada tahun 2015 lalu. Meski memang masih belum dapat beroperasi untuk sekarang, tetapi diharapkan underpass ini dapat beroperasi segera tanpa keterlambatan yang lebih parah mengingat keberadaannya sudah benar-benar didambakan oleh para penumpang.

Semoga saja dengan selesainya proyek dan mulai beroperasi secara penuhnya underpass Stasiun Manggarai, kelancaran arus serta keselamatan penglaju yang banyak transit di Stasiun Manggarai menjadi lebih baik. 

Sumber

Railway Enthusiast Digest|Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment