testimoni

testimoni

Rangkaian 6118F dan 205-72F Diujicobakan

KLB ujicoba 6118F berpapasan dengan KA 1072
Terpaut cukup lama dengan sang kakak, 6116F, yang sudah diujicobakan pada akhir Oktober yang lalu, pada hari ini rangkaian ke-5 dari overseas transfer seri 6000 Metro tahun fiskal 2016 yaitu 6118F diujicobakan di lintas selatan Jabodetabek. Berbeda dengan ujicoba sang kakak, ujicoba untuk 6118F dilakukan pada pagi hari.

Sedianya, 6118F dijadwalkan untuk ujicoba dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok, namun realisasinya hanya Depok-Manggarai-Depok. Bertolak dari Depok pada jam setengah 10 pagi, 6118F tiba di Stasiun Manggarai pada jam setengah 11. Normalnya, perjalanan dari Depok menuju Manggarai membutuhkan waktu sekitar 40 menit, namun karena antrian perjalanan 6118F membutuhkan hampir 1 jam untuk tiba di Manggarai, sehingga untuk menghemat waktu maka KLB ujicoba dari Manggarai langsung kembali ke Depok dan tidak menuju Bogor.
KLB ujicoba 205-72F bersiap menuju Bogor (Adnan)
Selain ujicoba pertama untuk rangkaian 6118F, hari ini juga diadakan ujicoba untuk rangkaian 205-72F yang baru saja selesai perawatan akhir lengkap di Balai Yasa Manggarai. Namun tidak seperti rangkaian-rangkaian sebelumnya yang dikirim terlebih dahulu ke Dipo Depok untuk dilakukan pengecekan akhir sebelum diujicobakan dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok, 205-72F (dan juga 205-67F pada bulan lalu) justru diujicobakan dengan rute Manggarai-Depok-Bogor-Manggarai. Bertolak dari Manggarai di pagi hari, rangkaian masuk Dipo Depok terlebih dahulu dan keluar lagi di siang hari menuju Bogor lalu kembali ke Manggarai dan masuk ke Dipo Bukit Duri. Sehingga dinas pertamanya setelah perawatan akhir lengkap bisa jadi bukan di lintas selatan, melainkan di lintas timur atau bahkan di lintas barat.

6118F masih akan menjalani satu kali ujicoba lagi bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebelum dapat beroperasi, sedangkan 205-72F apabila sudah tidak ditemukan kendala maka akan segera berdinas kembali. Sehingga tentunya 205-72F yang akan kembali berdinas terlebih dahulu di lintas Jabodetabek.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment