testimoni

testimoni

Rangkaian Rail Clinic 2 Diujicobakan

Rangkaian Rail Clinic 2 saat berada di Stasiun Lempuyangan
picture by: Yoga Bagus Cokroprawiro

[9/11/16]. Setelah menjalani proses modifikasi selama beberapa bulan terakhir di Balai Yasa Pengok, akhirnya rangkaian Rail Clinic 2 menjalani uji coba di lintas. Uji coba ini dilakukan pada Selasa (9/11) pagi. Ada yang berbeda dari uji coba kali ini.

Jika biasanya uji coba KRD maupun lokomotif yang baru keluar dari Balai Yasa Pengok memiliki rute perjalanan Lempuyangan-Solo Balapan. Pada uji coba Rail Clinic 2 kali ini rute uji cobanya lebih panjang yakni Lempuyangan-Madiun. Uji coba Rail Clinic 2 ini diikuti juga oleh sejumlah jajaran petinggi PT KAI dan teknisi dari Balai Yasa Pengok untuk melihat kesiapan rangkaian Rail Clinic 2 ini untuk berdinas.

picture by: Gandung Gunawan

Satu set rangkaian Rail Clinic 2 ini terdiri atas 2 kereta KRD MCW 302 dengan nomor seri K2 3 82 17 dan K2 3 87 02. Rangkaian KRD ini merupakan rangkaian eks. KRD Bandung Raya relasi Bandung-Cicalengka yang juga pernah beroperasi sebagai rangkaian KRD Bumi Geulis relasi Bogor-Sukabumi. Pengerjaan Rail Clinic 2 ini sudah dilakukan sejak September lalu dan selesai pada akhir Oktober lalu.


Ada sejumlah perbedaan mencolok pada rangkaian Rail Clinic 2 yang membuatnya terlihat berbeda dari Rail Clinic 1, terutama pada bagian eksterior. Bila pada Rail Clinic 1 bagian wajah kereta didominasi oleh warna biru, maka pada Rail Clinic 2 ini pada bagian wajahnya didominasi oleh warna hijau. 

Selain itu, livery samping pada Rail Clinic 2 ini tidak ada motif  "selendang pecut" seperti yang ada pada Rail Clinic 1 dan pada rangkaian kereta api jaeak jauh. Di bagian atas jendela samping Rail Clinic 2 ini terdapat livery tambahan berupa garis hijau lurus yang membentang dari ujung depan hingga ujung belakang kereta, lain halnya dengan Rail Clinic 1 yang polos tanpa livery apapun.

Fasilitas yang ada di rangkaian Rail Clinic 2 ini sama seperti yang ada di Rail Clinic 1 yang sudah beroperasi terlebih dahulu. Di dalam Rail Clinic 2 ini terdapat poliklinik, poli kesehatan gigi, poli kesehatan mata, apotek, dan ruang tindakan kesehatan. Rencananya rangkaian Rail Clinic 2 ini akan dikirim ke Sumatera untuk melayani kesehatan masyarakat di Sumatera.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment