testimoni

testimoni

Spot Fotografi Sepur yang Menarik di Jabodetabek (Part 2)

Merasa sulit untuk berfoto-foto ria di Stasiun? Sahabat trainspotters jangan bingung untuk mencari tempat untuk memfoto kereta, karena tim REDaksi akan memberikan refrensi spot yang cukup menarik untuk fotografi kereta dengan hanya batasan waktu ataupun cuaca, dan pastinya membuat kalian penasaran.
 
Citayam

Bagi sebagian railfans terutama yang berada di Lintas Selatan Daop 1, nama Citayam pastinya sudah tidak asing bagi mereka. Selain dikenal karena jalan sempit serta lalu lintasnya yang semrawut dan amburadul, Citayam terkenal memiliki percabangan jalur yang memisahkan jalur ke arah Bogor dan ke arah Nambo.

Spot percabangan menuju Nambo memang terkenal bagi sebagian railfans. Landscape yang luas, lalu lintas kereta yang padat, serta kesempatan untuk memotret KRL dan kereta semen dari dan menuju Nambo membuat spot ini menjadi destinasi utama bagi para railfans yang berkunjung ke Citayam baik dari dalam, maupun luar negeri.

Namun taukah kalian bahwa masih banyak spot yang menarik di Citayam selain di percabangan Citayam? Yuk kita simak spot-spot menarik lainnya yang ada di wilayah Citayam.
Viaduct Citayam
Viaduct Citayam mungkin bisa jadi salah satu referensi bagi kalian yang ingin merasakan spot hunting di Citayam yang berbeda, terutama bagi kalian yang ingin memotret kereta di jalur Bogor dari spot tinggi atau high angle.

Jika kalian ingin memfoto kereta di sini kalian cukup kesini dengan menggunakan akses naik kendaraan mengikuti jalan raya citayam-bojong gede atau naik angkot 05 menuju arah Bojong Gede dan turun di viaduct ini. Namun apabila kalian memotret di sini berhati-hatilah dengan kendaraan yang melintas karena trotoar di atas viaduct ini sangat sempit dan lalu lintas kendaraan bermotor sangatlah padat.
Jalur tunggal Nambo
Selanjutnya adalah tikungan kedua dari percabangan Nambo. Alasan mengapa kami beri nama begitu karena kami juga bingung apa nama tikungan ini. Dari sini kalian bisa memotret KRL Nambo maupun kereta semen dan Babarandek yang sedang menikung dengan background hutan bambu dan ilalang nan hijau.

Nah kalo kalian ingin ke spot ini kalian butuh perjuangan karna jalannya lumayan jauh dari stasiun Citayam, dan jika membawa kendaraan bermotor disarankan untuk tidak kesini ketika habis hujan karena jalannya kurang baik .

Penyebrangan pejalan kaki
Jika kalian tidak mau terlalu capek, cobalah spot di sekitar Percabangan Citayam karena jaraknya tidak terlalu jauh dari stasiun citayam. Jaraknya kurang lebih hanya 500 meter dari loket Stasiun Citayam dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit berjalan kaki. Di spot ini kalian bisa mendapatkan pemandangan luas juga bisa mendapatkan KRL dari arah Bogor juga dari arah Nambo.

Percabangan wesel Nambo
Berjalan kaki menyusuri rel dan berbelok sedikit ke arah Nambo, kalian bisa memotret kereta yang menikung ke arah Nambo. Kalian bisa memotret KRL Nambo, kereta semen, maupun babarandek yang menikung menuju arah timur.

Jalur Nambo
Spot ini mempunyai pandangan yang ciamik karena memberikan pandangan tikungan yang cukup luas, sehingga pandangan kereta yang berbelok dari Citayam dari ujung ke ujung dapat terlihat dengan jelas.

Bogor

Selain spot tikungan yang berada di Citayam, ada lagi spot tikungan yang bisa dibilang ciamik di Lintas Selatan yakni di sinyal masuk Stasiun Bogor dari arah Jakarta. Spot ini bisa dibilang sempurna karena kalian bisa mendapatkan view belokan dan lurus di tempat yang sama. Kalian bisa memotret kereta menikung untuk kereta yang menuju arah Jakarta dan kalian bisa mendapat kereta yang lurus untuk kereta yang menuju arah Bogor.

Memanfaatkan bale (Panggung kecil) di samping rel memungkinkan sudut fotografi yang menarik di tempat ini
KA Angkutan Semen Cisaat-Nambo kosongan

Tak hanya di tikungan yang mengarah ke Jakarta saja. Spot lurus yang menghadap ke arah Bogor juga menarik untuk dijadikan spot untuk memotret kereta yang baru diberangkatkan dari Stasiun Bogor. Di spot ini kalian juga bisa memotret kereta yang tertahan saat hendak memasuki Stasiun Bogor.


Di seberang tempat pengambilan foto menghadap tikungan
Dari tikungan

KRL Tokyo Metro 5017F yang tertahan di sinyal masuk berpapasan dengan Tokyo Metro 05-004F

Bojonggede

Stasiun Bojonggede ternyata juga menyimpan potensi yang amat menarik untuk fotografi kereta api di sisi selatannya. Cukup turun KRL dan keluar dengan menggunakan pintu selatan, kalian tinggal jalan kaki ke perlintasan yang cukup dekat.

Dari perlintasan, jika menghadap utara kalian dapat memotret KA yang sedang akan berangkat, dan meskipun jaraknya cukup dekat ketika posisi memotret, tapi cukup ruang di belakang untuk mundur ke jarak aman.

Dari sisi selatan perlintasan (Kriesnandi Septian Noor)
Dari sisi utara perlintasan
Tetapi spot yang menawarkan pemandangan terbaik adalah di sebelah selatan sinyal masuk Bojonggede, di mana kalian tinggal melewati celah di pagar rel di perlintasan dan berjalan di sebelah rel untuk mengaksesnya. Tempat dengan jarak aman banyak sekali, dan terdapat pandangan bebas baik menghadap tikungan ataupun jalur lurus arah Cilebut, tidak heran tempat ini menjadi favorit dari salah satu anggota tim REDaksi.

Namun di spot ini kalian harus berhati-hati. Pasalnya spot ini posisinya lebih tinggi ketimbang Jalan Raya Bojong Gede yang berada di sebelah barat juga perkampungan yang berada di sebelah timur. Jadi bagi kalian yang hendak memotret di sini berhati-hatilah karena kalian bisa terperosok ke jalan yang berada di bawahnya apabila tidak berhati-hati.

Di sisi rel arah Jakarta, menghadap Sinyal Masuk
Di sisi rel arah Jakarta, menghadap tikungan
Di sisi rel arah Bogor, menghadap Cilebut
Cipinang

Spot menarik selanjutnya adalah wilayah Cipinang. Terletak di antara Jatinegara-Klender, memang cukup jauh untuk mengakses spot ini. Dari Stasiun Klender kalian harus berjalan 1km arah barat di rel proyek DDT untuk mengakses spot ini, atau alternatifnya, menggunakan angkot dari Stasiun Klender ataupun Jatinegara, minta diturunkan di pertigaan perlintasan KA.

Dari spot ini terdapat pandangan baik jalur lurus dari Klender ataupun kelok S dari Jatinegara menciptakan hasil fotografi yang menarik.
Menghadap Klender
Menghadap Jatinegara
JR 205 eks. Jalur Nambu saat meliuk di tikungan

Tebet-Manggarai

Spot yang satu ini mungkin agak kurang populer di antara para railfans. Jaraknya yang cukup jauh, ramainya penduduk, serta sempit menjadi alasan mengapa spot ini kurang begitu populer. Namun apabila kalian bisa menemukan tempat dan sudut yang tepat untuk memotret kalian bisa menghasilkan foto yang bagus dengan view yang luas.

Seperti contohnya tikungan selepas Stasiun Tebet ke arah Manggarai. Di spot ini kalian bisa memotret KRL dari arah Bogor menuju Jakarta yang sedang menikung dengan sangat tajam. Namun sayangnya, di spot ini kalian hanya bisa memotret KRL yang berbelok ke arah Jakarta saja karena untuk KRL yang ke arah Bogor viewnya sangatlah sempit.

Menghadap Tebet di lurusan
Menghadap Tebet di tikungan besar


JR 205 eks. Jalur Nambu saat menikung

Sementara itu, di dekat Stasiun Manggarai sendiri, terdapat dua opsi spot yang tidak kalah menariknya. Jika kalian keluar dari Stasiun Manggarai lalu berjalan ke selatan hingga menemukan celah jalan kampung, maka kalian dapat mengakses tikungan besar arah Jatinegara di dekat lokasi proyek DDT.

Di tempat ini, disuguhkan pemandangan yang ciamik dari kereta yang bergerak menuju Bekasi. Karena tempat ini agak tinggi, sebaiknya berhati-hati dalam memilih pijakan.
Sisi Selatan Manggarai
Selain itu, jika berjalan ke arah utara lalu menyeberangi Kali Ciliwung untuk mengakses jalan kampung di dekat pintu air, maka kalian dapat mengakses spot di percabangan Tanah Abang-Duri dan Cikini-Gambir-Jakarta Kota di dekat sinyal masuk Manggarai.

Opsi yang ditawarkan sangatlah banyak di sini, karena tersedia tempat yang menarik untuk mengambil foto kereta yang tiba dari segala arah, baik dari atau ke Cikini, maupun dari atau ke Sudirman.

Akan tetapi, karena spot ini cukup sempit, selalu pastikan ada jarak aman untuk memotret. Kamera dengan lensa dengan kemampuan zoom yang baik sangat disarankan di sini untuk mendapatkan hasil yang maksimal (Beberapa foto yang tampak diambil dari tengah rel sesungguhnya menggunakan kemampuan zoom dari lensa kamera)
Menghadap ke Cikini
Tokyo Metro 6001F saat hendak memasuki Stasiun Manggarai

Menghadap emplasemen Manggarai
JR 205 saat berangkat dari Stasiun Manggarai menuju Jakarta Kota

3 KRL sekaligus dalam 1 foto

Demikianlah spot yang kami Rekomendasikan untuk kalian sekalian pada kesempatan kali ini. Selamat menikmati aktivitas hunting, persiapkan rencana pemotretan, ongkos, serta peralatan yang diperlukan dan jangan lupa selalu utamakan keselamatan!


Tim REDaksi

About Adnan Jarkasih

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment