testimoni

testimoni

Stasiun Kereta Cepat Ankara Resmi Dibuka

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat memberangkatkan sebuah kereta cepat dari Stasiun Ankara Highspeed
Prokerala.com

[1/11/16]. Perusahaan kereta api nasional Turki, TCDD membuka stasiun khusus pemberangkatan kereta api cepat di ibukota Turki, Ankara. Pembukaan ini dilakukan pada Sabtu (29/10) kemarin. Pembukaan stasiun baru ini ditandai dengan pemberangkatan perjalanan kereta cepat oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan didampingi oleh Perdana Menteri Turki Binali Yildrim.

Pembukaan ini dilakukan tepat pada Hari Nasional Turki yang jatuh pada tanggal 29 Oktober. National Day di Turki merupakan hari perayaan proklamasi berdirinya Republik Turki pada 29 Oktober 1923 setelah Kekaisaran Ottoman runtuh pada 1 November 1922 dan Republik Turki berdiri secara de facto pada 23 April 1920.

Stasiun Ankara untuk kereta cepat ini memiliki 6 jalur dengan 3 peron pulau yang membelah di antara 2 jalur. Bangunan stasiun ini memiliki 8 lantai dengan bermacam fasilitas yang menunjang operasional perkeretaapian sekaligus fasilitas yang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang. Seperti hotel bintang 5, restoran, mall, cafe, bioskop, hingga kantor TCDD.

Bangunan baru Stasiun Kereta Cepat Ankara ketika masih dalam masa konstruksi
Rail Turkey

Bangunan baru ini dibangun berdampingan dengan bangunan Stasiun Ankara lama. Bangunan lama Stasiun Ankara masih digunakan untuk melayani perjalanan kereta api penumpang biasa dan kereta barang. Keberadaan bangunan baru yang berdampingan dengan bangunan lama membuat perjalanan kereta cepat bisa terintegrasi dengan layanan kereta api lainnya seperti Ankaray Light Rail, Batikent Metro, Bakentray Urban Rail, Sincan Metro, Kecioren Metro, dan Airport Metro.

Kereta cepat yang diberangkatkan dari Ankara memiliki tujuan ke sejumlah kota di Turki seperti Ekisehir, Konya, dan Istanbul. Bangunan stasiun ini dapat menampung hingga 20.000 penumpang setiap harinya. Namun diperkirakan jumlah penumpang dapat meningkat hingga 50.000 penumpang per hari setelah jalur kereta cepat terhubung ke sejumlah kota lainnya seperti Sivas, Izmir, dan Bursa.   

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Railway Gazette
Railly News


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment