testimoni

testimoni

Thailand Kedatangan 24 Unit Kereta Penumpang Eks Blue Train Hamanasu

Rangkaian eks. Blue Train Hanmasu saat ditarik keluar pelabuhan menggunakan lokomotif GE no. 4004
Rofthai.com

[27/11/16]. Untuk kedua kalinya, Thailand kembali kedatangan rangkaian kereta penumpang bekas Jepang. Rangkaian yang kali ini datang merupakan rangkaian eks. Blue Train Hanmasu milik JR Hokkaido yang berhenti beroperasi pada 20 Maret 2016 lalu sebagai dampak dari beroperasinya Hokkaido Shinkansen yang melintas di Terowongan Seikan. 

Rangkaian kereta penumpang eks. Blue Train Hanmasu ini merupakan rangkaian hibah alias pemberian dari JR Hokkaido. Jadi Thailand State Railway tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk membeli rangkaian kereta ini, hanya saja mereka tetap harus mengeluarkan uang untuk biaya pengapalan kereta dari Jepang ke Thailand.

Ada 24 unit kereta eks. Hanmasu yang dikirimkan ke Thailand dari Jepang. Rangkaian eks. Hanmasu ini tiba di Pelabuhan Bangkok pada Kamis (24/11) lalu. Rangkaian dikirim menggunakan kapal kargo. Selayaknya pengiriman KRL eks. Jepang di Indonesia, dari dermaga kereta tidak langsung ditaruh di rel melainkan diangkut dengan truk menuju terminal petikemas lalu diturunkan ke atas rel.


Salah satu kereta eks. Blue Train Hanmasu yang baru diturunkan dari kapal dan dinaikkan ke atas truk
picture by: Therawat Srtlicd

Seusai dinaikkan ke atas rel, rangkaian kereta disambungkan dan dibawa menuju balai yasa yang berada di dekat Stasiun  menggunakan lokomotif GE dengan nomor 4004. Rangkaian eks. Blue Train yang datang ini mengalami sedikit modifikasi terutama pada bogienya.

Bogie kereta dimodifikasi untuk mengubah gaugenya dari yang sebelumnya menggunakan gauge standar Jepang (1067 mm) menjadi gauge standar Thailand (1000 mm/1 meter). Nantinya, rangkaian eks. Blue Train Hanmasu ini akan dioperasikan untuk mengangkut penumpang. Namun belum diketahui di jalur mana rangkaian ini akan dioperasikan.

Ini bukanlah kali pertama kedatangan rangkaian eks. Blue Train bagi Thailand. Sebelumnya pada 2009, Thailand juga kedatangan 32 unit rangkaian Blue Train milik JR West. Rangkaian Blue Train eks. JR West sampai saat ini masih digunakan untuk melayani perjalanan kereta penumpang ke Chiang Mai, Udon Ratchatani, dan sejumlah tujuan lainnya.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment