testimoni

testimoni

Tram Terguling di Selatan London, 5 Orang Tewas

Tram yang terguling di selatan Kota London
British Tramway News

[10/11/16]. Di saat warga Amerika Serikat dan Meksiko sedang gundah gulana atas kemenangan Donald Trump dalam Pilpres yang diadakan di Amerika Serikat, sebuah kecelakaan tram terjadi di selatan ibukota Inggris, London pada Rabu (9/11) kemarin. Dilansir dari The Guardian, kecelakaan ini terjadi di sebuah percabangan jalur tram di kawasan Croydon, London, Inggris. Kecelakaan ini terjadi pada pukul 6.35 waktu Greenwich atau sekitar pukul 13.35 Waktu Indonesia Barat.

Saksi menuturkan bahwa mereka mendengar suara dentuman keras dari TKP. Warga yang mendengarnya langsung menghubungi petugas kepolisian. Polisi bersama petugas pemadam kebakaran dengan cepat datang ke lokasi kecelakaan untuk melakukan evakuasi kepada para korban yang terjebak di dalam tram. Lokasi kecelakaan berada di percabangan jalur tak jauh dari Perhentian Sandilands.

Seluruh set tram yang terdiri atas dua kereta terguling dan keluar dari jalur. Dalam kecelakaan ini, sebanyak 5 orang tewas dan 40 lainnya luka-luka. Korban luka dibawa oleh London Ambulance Service (LAS) menuju Croydon University Hospital dan beberapa yang kritis dibawa ke Rumah Sakit St. George's. 

Petugas penyelamat yang berada di lokasi kecelakaan tram
The Guardian

Sang masinis tram telah ditahan oleh petugas kepolisian untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi oleh pihak terkait. Akibat kecelakaan ini, jalur tram antara Reeves Corner hingga Addington Village terpaksa ditutup untuk mempermudah proses evakuasi tram.

Jalur tram satu-satunya yang masih beroperasi di London ini membentang sejauh 17 mil atau sekitar 27 kilometer di selatan Kota London dari Wimbledon ke Beckenham Junction, Elmers End, dan New Addington lewat Croydon. Jalur tram ini telah mengangkut sebanyak 27 juta penumpang selama kurun waktu 2015-2016.  

Kecelakaan ini merupakan kecelakaan tram pertama yang terjadi di Britania Raya sejak 1959. Pada tahun 1959, dua orang penumpang wanita dan masinis tram tewas dalam sebuah kebakaran yang terjadi di Shettlestone Road, Glasgow, Skotlandia setelah tram tersebut bertabrakan dengan tram lainnya.    


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment