testimoni

testimoni

Yuk Kita Lihat Tampilan Prototipe Bus Mercedes Triple Axle Transjakarta


[8/11/16] Transjakarta saat ini tengah gencar memperbaharui armadanya guna meningkatkan kapasitas angkut penumpang serta mengatasi kemacetan di Jakarta. Baru-baru ini, Transjakarta memperlihatkan purwarupa armada barunya yakni bus Mercedes-Benz 2542 Triple Axle. Ini adalah kali kedua bagi Transjakarta menggunakan bus triple axle sebagai armadanya.

Sebelumnya, Transjakarta telah mengoperasikan bus Scania K310IB sebagai armadanya. Bus Scania triple axle ini juga pernah dipamerkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Motorshow (GIIAS) yang diadakan di ICE BSD pada Agustus lalu. Bus Mercedes triple axle milik Transjakarta ini dirakit oleh Karoseri Nusantara Gemilang yang bermarkas di Kota Kudus, Jawa Tengah.

Ada sejumlah perbedaan yang membuat bus Mercedes triple axle dengan nomor armada TJ-361 ini berbeda ketimbang bus Transjakarta lainnya. Pertama, bentuk bagian depan bus ini terlihat lebih cembung dan bulat ketimbang bus-bus Mercedes maupun Scania yang sebelumnya dibeli oleh Transjakarta.  

Bagian depan bus Transjakarta Mercedez triple axle rakitan Karoseri Nusantara 

Setelah membahas eksterior, kini kita masuk ke dalam bus. Terlihat perbedaan yang sangat mencolok yang membedakan bus ini dari bus-bus Transjakarta sebelumnya. Interior bus ini terlihat lebih lapang dan lebih luas ketimbang bis Scania dan Mercedes sebelumnya. Sekat pembatas antara tempat duduk dengan pintu terbuat dari mika buram. Lain halnya dengan bus sebelumnya yang terbuat dari mika bening.

Tempat duduknya pun juga berbeda dengan bus-bus sebelumnya. Kursi bus ini bisa dibilang lebih nyaman ketimbang kursi bus-bus sebelumnya karena busa tempat duduknya hampir menutupi seluruh bagian depan kursi, tidak seperti kursi bis sebelumnya yang mana busanya hanya berada di bagian dudukan dan sandaran. Kursi yang digunakan sama seperti kursi bis yang digunakan oleh bus MAN Low Deck 18-220 yang dipamerkan di Jakarta Fair 2016 lalu. Kursi bis ditempatkan berjejer menghadap depan seperti standar saat ini.

Tampilan interior bus

Tampilan kursi bus

Bus ini juga dilengkapi dengan TV LCD yang ditempatkan di bagian tengah dan di bagian depan bus. Ada satu fitur yang membuat bus ini berbeda dengan bus-bus sebelumya. Bus ini dilengkapi dengan port USB yang bisa digunakan untuk mencharge handphone maupun gadget lainnya. Port USB ini ditempatkan di 6 titik yang tersebar di seluruh bus.

Hadirnya port USB yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai ini dapat membantu para penumpang yang handphonenya kehabisan baterai namun tidak membawa power bank dan hanya membawa kabel USB saja. 

TV LCD yang ditempatkan di tengah bus


Port USB yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya baterai pada gadget

Saat ini, baru satu bus prototipe saja yang sudah ada. Belum diketahui berapa banyak bus yang akan diproduksi ataupun kapan bus ini akan mulai diroperasikan untuk umum. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
All pictures are copyright of Fagra Hanif via Forum Diskusi Transportasi Jakarta

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment