testimoni

testimoni

Alami Gogosan, Perjalanan KA Lintas Porong-Tanggulangin Terganggu

Petugas JJ saat menginspeksi jalur yang gogos di petak antara Porong dan Tanggulangin
picture by: Ramadianto Purwo Nugroho
[17/12/16]. Hujan deras yang mengguyur wilayah Sidoarjo dan sekitarnya menyebabkan jalur kereta api di petak Porong-Tanggulangin gogos atau terkikis akibat banjir yang menggenangi jalur di dekat tanggul Lumpur Lapindo. Genangan air menyebabkan tanah di jalur terkikis dan terseret arus sehingga menyebabkan rel dan bantalan menggantung.

Meskipun sebelumnya jalur ini sudah ditinggikan setinggi 60 centimeter, namun menurut petugas PJL 85 Sidoarjo genangan air merendam jalur hingga setinggi 25 centimeter di atas rel. Genangan air sempat surut pada pukul 21.00 namun air masih mengalir dengan deras di bawah rel yang gogos. Regu jalan dan jembatan diturunkan untuk memperbaiki jalur yang gogos. Gogosnya jalur ini membuat sejumlah perjalanan kereta api tertahan di beberapa stasiun.
Air mengalir di bawah jalur rel yang gogos
picture by: Ramadianto Purwo Nugroho
Seperti KA 220 Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya Gubeng dan KA 468 Penataran relasi Blitar-Surabaya Gubeng tertahan di Stasiun Bangil, KA 89 Mutiara Timur relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi dan KA 467 Tumapel/Penataran relasi Surabaya Gubeng-Malang tertahan di Stasiun Sidoarjo, dan KA 2723F kereta api angkutan semen relasi Nambo-Banyuwangi tertahan di Stasiun Waru. 

Selain merendam jalur kereta api. Hujan deras juga menyebabkan banjir juga merendam 4 titik di jalan raya Gempol-Pasuruan. Banjir di jalan raya ini rata-rata memiliki ketinggian 50 centimeter. Akibat banjir ini, arus lalu lintas kendaraan terpaksa dialihkan ke sejumlah jalur alternatif. Genangan air ini juga menyebabkan Jalan Tol Gempol-Pandaan mengalami kemacetan.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment