testimoni

testimoni

Jalur Kereta Cepat Terpanjang Kedua di Dunia Resmi Beroperasi di Tiongkok

Orang-orang dengan pakaian tradisional sejumlah wilayah di Tiongkok saat melepas keberangkatan kereta cepat Kunming-Shanghai
Railway Gazette

[29/12/16]. Tiongkok saat ini tengah berusaha untuk menghubungkan wilayah-wilayahnya menggunakan kereta cepat. Ratusan ribu kilometer jalur kereta cepat membentang di segala penjuru Negeri Naga Merah ini. Tak heran jika Tiongkok saat ini dinobatkan sebagai raja kereta cepat di seluruh dunia menggeser Jepang dan Prancis dari takhtanya.

Baru-baru ini, Tiongkok memecahkan rekor di mana mereka meresmikan jalur kereta cepat terpanjang kedua di dunia. Ya jalur kereta cepat Kunming-Shanghai ini merupakan jalur kereta cepat terpanjang kedua di dunia dengan panjang total 2.264 kilometer yang menghubungkan wilayah barat dan timur Tiongkok. Jalur kereta cepat ini resmi beroperasi pada Rabu (28/12) kemarin.

Peresmian jalur ini dilakukan di Stasiun Kereta Cepat Kunming yang berada di Provinsi Yunnan. Beroperasinya jalur ini ditandai dengan diberangkatkannya perjalanan kereta cepat perdana dari Kunming menuju Shanghai. 
China's done it again! DETAILS: https://on.rt.com/7z1x
Dikirim oleh RT Play pada 28 Desember 2016

Jalur kereta cepat ini menghubungkan Ibukota Provinsi Yunnan, Kunming, yang berada di barat daya Tiongkok dengan Kota Shanghai yang berada di timur Tiongkok. Jalur ini membentang sejauh 2.264 kilometer dan melintasi lima provinsi yang diantaranya adalah Zhejiang, Jiangxi, Giuzhou, Hunan, dan Yunnan.

Dengan batas kecepatan jalur mencapai 350 km/jam, dibukanya jalur kereta cepat ini maka dapat mempercepat waktu tempuh dari Shanghai ke Kunming dari yang sebelumnya ditempuh selama 34 jam menjadi 11 jam saja. Jalur kereta cepat Kunming-Shanghai ini sendiri mulai dibangun pada 2006 yang dibagi ke dalam 8 fase selama 10 tahun lamanya.

Jalur Kunming-Shanghai ini resmi menduduki posisi kedua jalur kereta cepat terpanjang di dunia setelah menggeser posisi jalur Shanghai-Wuhan-Chengdu yang juga berada di Tiongkok dengan panjang total 1.814 kilometer ke posisi tiga. Sedangkan posisi pertama masih dipegang oleh jalur Beijing-Guangzhou yang juga ada di Tiongkokdengan panjang total 2.298 kilometer.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Russian Today
Railway Gazette
Railway Technology

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment