testimoni

testimoni

KAI dan 3 Bank BUMN Meluncurkan Kartu Railpay

(Dari kiri ke kanan) Dirut KAI, Dirut Bank BNI, Menteri BUMN, Dirut Bank Mandiri, dan Dirut BRI saat berfoto bersama
KAI 121

[19/12/16]. Hari ini (19/12) pagi tadi, selain diluncurkannya desain uang Rupiah yang terbaru, PT KAI bersama 3 bank BUMN meluncurkan kartu Railpay sebagai alternatif tiket kereta api. Peluncuran Railpay ini dilakukan di Stasiun Juanda. Peluncuran ini dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, Dirut Bank BRI Asmawi Syam, Dirut Bank BNI Ahmad Baiquni, Dirut Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmodjo, awak media, dan tamu undangan lainnya.

Peluncuran kartu ditandai dengan uji coba tap in kartu yang dilakukan oleh Menteri BUMN dan keempat direktur utama BUMN di mesin gate Stasiun Juanda. Kartu Railpay ini sendiri merupakan sebuah uang elektronik hasil kerjasama antara 4 BUMN yang diantaranya adalah PT KAI, BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

Fungsi kartu Railpay ini pada dasarnya sama saja seperti uang elektronik lainnya seperti E-Money, Brizzi, maupun Tapcash. Hanya saja, tak seperti uang elektronik lainnya kartu ini bisa langsung digunakan sebagai tiket KRL tanpa harus menginstall sistem di alat cek saldo kartu. Selain itu, kartu Railpay ini dapat digunakan untuk pembayaran tiket kereta api dan moda angkutan lain seperti Transjakarta.

Sistem yang digunakan oleh Railpay ini berupa membership sama seperti Railcard yang pernah dirilis KAI pada 2012 lalu. Jadi ketika anda membeli tiket kereta api jarak jauh menggunakan Railpay ini nama yang tercantum di tiket sama seperti nama pemilik kartu Railcard tersebut. Atau bisa juga digunakan sebagai alat pembayaran tiket kereta api jarak jauh apabila yang membeli tiket bukanlah si pemilik kartu.

Selain itu, Railpay ini juga dapat digunakan untuk membeli tiket moda transportasi lainnya seperti pesawat, kapal laut, maupun Bis Damri. Railpay ini juga dapat digunakan untuk penggunaan lainnya seperti pembayaran tagihan (listrik dan TV kabel), pembayaran parkir (Res Parking dan 188 Parking), belanja di Sarinah dan minimarket (Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Superindo, dsb.), serta membeli bensin di SPBU Pertamina.

Menteri Rini saat mencoba berbelanja di Indomaret menggunakan Railpay
KAI 121
Penerbitan kartu Railpay ini dimaksudkan untuk mengintegrasi sistem ticketing angkutan umum terutama angkutan umum berbasis rel karena nantinya akan ada moda angkutan berbasis rel baru di Jabodetabek seperti LRT dan Railink ARS Bandara Soekarno Hatta. Sehingga dengan hadirnya Railpay ini dapat mempermudah sistem ticketing serta dapat mengurangi jumlah kartu yang dimiliki oleh pengguna kereta api.

Namun sayangnya bagi anda yang ingin merasakan kemudahan penggunaan kartu Railpay ini anda harus sedikit bersabar. Pasalnya saat ini kartu Railpay masih belum tersedia untuk umum dan baru akan diterbitkan untuk umum sekitar bulan Februari hingga Maret 2017 mendatang. 

baca juga: BPTJ akan Mengintegrasikan Tiket Angkutan Umum di Jabodetabek


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment