testimoni

testimoni

Kereta Broad Gauge Buatan INKA Resmi Beroperasi di Bangladesh

Rangkaian kereta broad gauge buatan INKA yang diresmikan
Banglanews24

[16/12/16]. Kita masyarakat Indonesia sepertinya harus merasa sedikit berbangga pada perusahaan industri kereta api kita, PT INKA Madiun. Pasalnya pada Kamis (15/12) kemarin, rangkaian kereta penumpang broad gauge atau sepur lebar buatan INKA resmi beroperasi. Peresmian ini dilakukan di Stasiun Kamalapur, Dhaka pada Kamis pagi.

Peresmian ini dilakukan secara langsung oleh Menteri Perkeretaapian Bangladesh Mazibul Hoque. Peresmian ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat perkeretaapian seperti Dirut Bangladesh Railway Amjad Hossain, Menteri Sekretaris Bangladesh Firoz Salahudin, anggota Komite Urusan Pelayanan Kereta Api Kementerian Perkeretaapian Bangladesh Sirajul Islam, serta sejumlah pejabat pemerintahan lainnya.

Muzibal juga turut meninjau dan menyapa para penumpang perjalanan perdana ini. Pihaknya juga mengapresiasi kereta penumpang buatan INKA. Rangkaian kereta broad gauge ini memiliki lebar sepur 1676 milimeter dan dioperasikan sebagai KA Ekota Express dan Drutojan Express dengan relasi Dhaka-Dinajpur. 

Sebelumnya, kedua kereta penumpang tersebut menggunakan armada kereta dengan lebar sepur 1000 milimeter atau meter gauge. Sebanyak 50 unit kereta dengan lebar sepur 1676 milimeter didatangkan dari Indonesia. Selain kereta broad gauge, Bangladesh juga mendatangkan 100 unit kereta meter gauge. 150 kereta penumpang tersebut didatangkan dari Indonesia menggunakan bantuan dana dari Asian Development Bank.

Selain untuk meremajakan armada. Pembelian armada baru ini juga dilakukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan kereta api di Bangladesh. Selain membeli armada baru, Pemerintah Bangladesh saat ini tengah melakukan revitalisasi jalur dengan membangun jalur dual gauge 1000 milimeter dan 1676 milimeter. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment