testimoni

testimoni

Kereta Cepat Terbaru Milik Inggris Diluncurkan

Kereta Cepat Intercity saat diluncurkan di Durham
BBC

[10/12/16]. Warga Inggris sepertinya bisa berbahagia saat ini, pasalnya kini mereka memiliki kereta cepat terbaru. Peluncuran kereta cepat Intercity ini dilakukan di pabriknya di County Durham, di sebelah utara Inggris pada Jumat (9/12) kemarin. Meskipun dirakit di Inggris tetapi kereta ini tidak sepenuhnya dibuat di Inggris.

Kereta ini merupakan hasil kerjasama dengan Hitachi Rail Europe setelah Hitachi memenangkan tender pengadaan armada kereta yang akan dioperasikan di Jalur East Coast dan Great Western di Inggris. Sebagian besar komponen dan desain kereta ini dibuat di pabrik Hitachi di Jepang. Namun perakitan kereta ini dilakukan di Durham.

Peluncuran ini juga dihadiri oleh Menteri Transportasi Inggris Chris Grayling serta Duta Besar Jepang untuk Inggris. Rencananya akan ada 122 set yang akan diopersikan di kedua jalur tersebut. Kereta cepat buatan Hitachi ini menggunakan mesin diesel-elektrik dan memiliki kecepatan maksimal 140 mil per jam atau sekitar 225 kilometer per jam. Namun karena jalur yang masih diperbaiki, kecepatannya maksimalnya dibatasi hanya 125 mil per jam atau sekitar 201 kilometer per jam.

Selain sebagai produsen, Hitachi juga bertanggungjawab atas perawatan dan penyediaan suku cadang kereta. Kereta cepat untuk Jalur East Coast dan Great Western ini bukanlah satu-satunya proyek kereta api Hitachi di Britania Raya. Hitachi juga memproduksi KRDE seri AT300 sebanyak 36 set untuk Great Western Railway, 19 set untuk TransPennine Railway, dan 5 set untuk Hull Trains. Selain itu, Hitachi juga memproduksi 70 set KRD Class 385 di mana 1 setnya terdiri atas 3 dan 4 kereta untuk Scotrail yang sedang diujicobakan.  



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment