testimoni

testimoni

Kereta Makan eks. Hokutosei Dimanfaatkan Sebagai Restoran Mewah di Kawaguchi


Kereta makan eks. Hokutosei yang dimanfaatkan sebagai restoran

[13/12/16]. Restoran mewah. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata tersebut. Pelayan yang rapi, makanan dengan porsi sedikit namun harganya selangit, serta para chef yang bertalenta dan berpengalaman yang meracik makanan. Biasanya restoran mewah bertempat di mall-mall atau di hotel-hotel. 

Namun lain halnya dengan restoran mewah yang berada di Kota Kawaguchi, Prefektur Saitama, Jepang. Restoran mewah yang bernama Grand Chariot ini memanfaatkan kereta makan bekas kereta api Limited Express Hokutosei yang berhenti beroperasi pada Agustus 2015 lalu. 1 unit kereta makan dimanfaatkan untuk dijadikan restoran mewah ini.

Nyaris tak satupun bagian dari kereta ini yang diubah. Semua ornamen pada kereta masih asli dan orisinil sama seperti ketika masih berdinas. Beberapa ornamen seperti AC, tombol SOS, dapur, nomor seri, dan plang peringatan masih dipertahankan untuk mempertahankan suasana asli kereta. Hanya bangku dan meja saja yang diganti.

Tombol SOS yang masih terpasang di dalam kereta

Suasana di dalam kereta

Ada 3 jenis menu yang ditawarkan oleh restoran Grand Chariot ini, yakni breakfast atau sarapan, lunch atau makan siang, dan dinner atau makan malam. Menu yang disajikan merupakan makanan tradisional Jepang dan masakan Italia. Di restoran ini anda juga dapat memesan wine dan sake untuk menemani makan malam anda (kalau diperbolehkan).

Harga makanan berkisar antara 800 Yen hingga 5000 Yen untuk tiap porsinya. Untuk bisa makan di restoran ini terlebih dulu anda harus melakukan reservasi dan memesan meja di restoran. Ada satu keunikan ketika anda melakukan reservasi. Ketika anda selesai melakukan proses reservasi, anda akan diberikan tanda bukti reservasi berbentuk tiket kereta api yang nantinya anda serahkan ke resepsionis ketika anda akan makan di sini.

Bukti tanda reservasi berbentuk tiket kereta api

Restoran ini pertama kai dibuka pada musim semi 2016 dengan mempreservasi 1 unit kereta makan eks. Hokutosei yang hendak dirucat. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Jepang dan hendak makan di restoran ini, anda dapat naik kereta di Jalur JR Musashino dan turun di Stasiun Higahsikawaguchi. Keluar lewat loket selatan dan berjalan kira-kira 7 menit dari stasiun.

Hmm... tertarik untuk makan di sini?


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment