testimoni

testimoni

Merugi, JR Hokkaido Menutup Rumoi Line

Rumoi Line Chippubetsu.JPG
KRD KiHa 54 melintas di Lintas Rumoi (, Wikimedia)
[05/12/16] Akibat terus merugi dan minimnya jumlah penumpang yang menggunakan lintas ini, maka mulai Minggu 4 Desember lalu, pihak JR Hokkaido resmi menutup operasional pada sebagian lintas Rumoi yaitu petak Rumoi-Mashike sepanjang 16,7km sebagai bagian dari rencana rasionalisasi jaraingan mereka yang mencapai sekitar 50% dari jaringan yang mereka miliki sekarang.

Baca juga: JR Hokkaido Menyatakan Kesulitan untuk Merawat Sebagian Jalan Relnya

Sebelumnya, seperti yang dilansir oleh Hobidas, menurut rencana yang diajukan oleh JR Hokkaido pada Kementrian Infrastruktur Darat, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) Jepang, pihaknya telah berencana untuk menutup lintas ini pada tanggal 29 April 2017. Akan tetapi, rencana ini kemudian dipercepat oleh pihak JR Hokkaido untuk dilakukan pada tanggal 4 Desember 2016, yang telah disetujui MLIT.

Dilansir dari TBS, perjalanan terakhir di lintas ini dilakukan pada jam 7.48 malam kemarin menggunakan armada KiHa 54 milik JR Hokkaido dari Stasiun Mashike. Meskipun pada operasional regulernya lintas ini amat sepi, tetapi pada perjalanan terakhirnya, tampak kerumunan orang yang sangat ramai terutama railfans untuk mengabadikan momen ini. Selain di Stasiun Mashike, upacara perpisahan juga dilakukan di Stasiun Rumoi.

Video perjalanan terakhir lintas Rumoi (Shiminjichi, YouTube)

Lintas Rumoi sendiri adalah lintas sepanjang 60,8km yang dioperasikan oleh JR Hokkaido dan telah dibuka sejak tahun 1915. Pada tahun 1987, semenjak privatisasi pada perusahaan nasional KA Jepang, JNR, lintas ini diambil alih oleh JR Hokkaido. Akibat dari depopulasi di sekitar lintas dan pembangunan jalan bebas hambatan Fukugawa-Rumoi, penggunaan lintas ini langsung jatuh drastis dengan data tahun fiskal 2015 menunjukkan penggunaan petak Rumoi-Mashike hanya 67 penumpang per kilometer per hari. Sebagai gambaran, pada tahun fiskal 1975, penggunaan di petak yang sama mencapai 1199 penumpang per kilometer per hari!

Tidak hanya itu juga, saking sepinya lintas ini, pencurian sarana stasiun pun lantas menjadi hal yang lumrah.

Baca juga: Pencurian Papan Nama Stasiun Marak di Hokkaido

Dengan penutupan lintas ini, tersisa 50,1km lintas dari Stasiun Fukugawa hingga Stasiun Rumoi, yang sedang menghadapi nasib yang tidak pasti dan bisa ditutup kapan saja.

Sumber
Hobidas
TBS
Wikipedia Jepang
Laporan Keuangan JR Hokkaido (1)

Laporan Keuangan JR Hokkaido (2)

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment