testimoni

testimoni

Rangkaian KRDE Vivarail Terbakar Saat Ujicoba di Inggris

Rangkaian KRDE milik Vivarail yang terbakar saat tengah diujicoba
Twitter @Fradgie
[31/12/16]. Sebuah rangkaian KRDE baru milik perusahaan operator kereta api swasta Inggris, Vivarail, terbakar saat tengah menjalani uji coba di Kenilworth, Warwickshire, Inggris. Kebakaran menimpa rangkaian KRDE dengan nomor seri 230-001 pada Jumat (30/12) kemarin sekitar pukul 13.12 waktu Inggris atau sekitar pukul 20.12 Waktu Indonesia Barat.

Asap hitam mengepul dari bagian bawah kereta pertama yang merupakan tempat di mana mesin diesel pembangkit listrik berada. Petugas Pemadam Kebakaran Kota Warwickshire diturunkan untuk menjinakan api agar tidak merembet ke bagian kereta yang lainnya. Api berhasil dijinakkan 1,5 jam kemudian. 

Kondisi rangkaian kereta setelah api berhasil dipadamkan
Conventry Telegraph

10 orang staff Vivarail yang ikut dalam uji coba ini dievakuasi keluar kereta. Beruntung tidak ada korban luka dalam peristiwa kebakaran ini. Akibat kebakaran ini, perjalanan kereta api dari Coventry hingga Leamington termasuk perjalanan kereta api Manchester-Bournemouth terpaksa dihentikan selama 4 jam guna mengevakuasi bangkai kereta yang terbakar. Pukul 17.14 waktu Inggris atau sekitar pukul 00.14 Waktu Indonesia Barat perjalanan kereta api kembali nornal.

Rangkaian KRDE 230-001 ini sendiri sebenarnya bukanlah rangkaian kereta baru. Rangkaian ini merupakan hasih modifikasi dari KRL seri D78 milik London Underground yang pertama kali beroperasi pada 1980. Rangkaian ini mulai dimodifikasi pada April 2015 lalu dan selesai serta menjalani uji coba pertamanya pada Agustus 2015.

Rangkaian KRDE seri 230 001 milik Vivarail yang terbakar
The Railway Magazine
Satu set KRDE ini terdiri atas 3 kereta. Rangkaian KRDE 230-001 ini sendiri terbakar saat tengah menjalani uji coba lintas yang dilakukan selama 12 bulan sebelum beroperasi untuk umum pada Februari 2017 mendatang. Penyebab pasti kebakaran saat ini masih dalam proses investigasi oleh pihak Vivarail dan pihak berwenang.  


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment