testimoni

testimoni

Rencana Perpanjangan Hokuriku Shinkansen Telah Difinalisasi

Shinkansen Seri W7 milik JR West di Hokuriku Shinkansen (iHokuriku, Wikimedia)
[22/12/2016] Kabar gembira bagi para pemerhati Shinkansen, setelah sekian tahun diskusi mengenai perpanjangan rute Hokuriku Shinkansen dari Tsuruga hingga Kyoto, pada hari Rabu 21 Desember kemarin, rencana rute dari Tsuruga menuju Kyoto telah difinalisasi oleh pihak koalisi pemerintah Partai LDP (Partai Demokrasi Liberal Jepang) dan Komeito, yaitu menggunakan opsi rute Tsuruga-Obama-Kyoto melalui Shin-Osaka.

Sebelumnya, pada tahun 2012, ketika proses konstruksi lintas Shinkansen ini sedang berlangsung di antara petak Nagano-Kanazawa, telah disetujui rencana perpanjangan rute hingga Tsuruga, meskipun hingga saat ini layanan Shinkansen baru sampai Kanazawa dengan konstruksi hingga Tsuruga telah berlangsung dari 2012 dengan target penyelesaian tahun fiskal 2022. Sementara rencana rute Tsuruga-Kyoto sebelumnya memiliki tiga kandidat yaitu Tsuruga-Obama-Kyoto melalui Shin-Osaka, Tsuruga-Maibara-Kyoto, dan Tsuruga-Maizuru-Kyoto, dengan rute Tsuruga-Obama-Kyoto melalui Shin-Osaka menjadi kandidat terpilih.

Seperti yang dilansir Japantimes, pemilihan rute ini, menurut Toshimitsu Motegi, kepala bidang penelitian kebijakan LDP dilakukan setelah menimbang faktor waktu tempuh serta kemudahan bagi pengguna jasa untuk melakukan perjalanan dari wilayah Hokuriku ke wilayah Kansai. Pemilihan rute ini mengungguli dua kandidat rute lainnya yang telah disebutkan di atas, yaitu Tsuruga-Maibara-Kyoto dan Tsuruga-Maizuru-Kyoto. 
Peta jalur Hokuriku Shinkansen beserta rencana ekstensi berdasarkan keadaan sebelum finalisasi, 2015. (Hisagi, Wikimedia)
Menurut walikota Obama Koji Matsukazi, pemilihan rute ini tentu saja membawa kabar baik bagi warga Obama yang telah menanti kabar ini selama 40 tahun (!). Rencana selanjutnya adalah menentukan rencana rute dari Shin-Osaka menuju Kyoto di antara dua kandidat dengan finalisasi sebelum Maret 2017, dengan target penyelesaian keseluruhan jalur paling cepat pada tahun fiskal 2046, dengan konstruksi dari Tsuruga diharapkan dimulai pada tahun 2030.

Hokuriku Shinkansen sendiri adalah jalur Shinkansen yang membentang dari Stasiun Takasaki hingga Stasiun Nagano. Pembangunan pada petak Takasaki-Nagano selesai pada Oktober 1997 di mana pada saat itu jalur tersebut bernama Nagano Shinkansen, dan sejak petak Nagano-Kanazawa rampung pada Maret 2015 lalu, nama jalur ini diubah menjadi Hokuriku Shinkansen. Jalur ini memungkinkan perjalanan KA yang lebih cepat dari Tokyo hingga wilayah Hokuriku dibandingkan di masa-masa jalur konvensional dahulu. 

Sumber:

Railway Enthusiast Digest|Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment