testimoni

testimoni

Sayonara, Seri 700 dan Kereta Merokok di Tokaido Shinkansen

Rangkaian Shinkansen N700A
Naver

[17/12/16]. Sedikit kabar sedih bagi anda pecinta Shinkansen dan bagi anda para perokok yang ingin naik Shinkansen. Central Japan Railway Company (JR Central) berencana akan menghapus operasional armada seri 700 dari dinasan reguler Hikari Shinkansen . Dilansir dari Trafficnews, rencananya penghapusan ini akan dilakukan pada Maret 2017 mendatang. penghapusan ini didasarkan pada revisi grafik perjalanan kereta api (Gapeka) tahun 2017.

Penghapusan ini dilakukan bersesuaian dengan penambahan jumlah armada seri N700A pada Tokaido Shinkansen, sehingga nantinya semua dinasan reguler Hikari akan menggunakan seri N700A, sedangkan seri 700 akan turun statusnya menjadi armada cadangan, dan direncanakan akan dihapuskan pada tahun fiskal 2019. Pada saat ini, 89% dari armada dinasan reguler Tokaido Shinkansen sendiri menggunakan rangkaian seri N700A.

Selain penghapusan seri 700, rencananya ruang dan kereta merokok yang ada di Shinkansen juga akan dihapuskan.  Penghapusan ruang dan kereta merokok ini akan dilakukan di Nozomi dan Kodama Shinkansen. Pemisahan kereta merokok dan kereta dilarang merokok di Shinkansen dilakukan di Tokaido Shinkansen pada 1976. Pada rangkaian Shinkansen N700A tidak ada yang kereta merokok, namun disediakan ruang merokok di dekat toilet.   

Perubahan gapeka pada Maret 2017 juga akan mempersingkat waktu tempuh dari Tokyo ke Hakata selama 6 menit dan ke Osaka hingga 3 menit lamanya. Pemberangkatan dan kedatangan kereta di Tokyo pun lebih sering yakni keberangkatan dilakukan setiap 30 menit sekali dan kedatangan kereta di Tokyo akan tiba 13 menit sekali. 

RE Digest | Ikko Haidar Farozy | Bayu Tri Sulistyo

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment