testimoni

testimoni

Toei Merilis Desain KRL Toei 5500 untuk Jalur Asakusa

Tampilan desain Toei seri 5500

[7/12/16]. Perusahaan kereta api di Jepang saat ini tengah berlomba-lomba untuk memperbaharui armada kereta mereka. Tak hanya untuk mengganti armada lama mereka yang sudah tua, tapi juga untuk meningkatkan pelayanan mereka kepada para penumpang. 

Pada Selasa (6/12) kemarin, perusahaan operator kereta api bawah tanah milik Pemerintah Kota Tokyo, Tokyo Government Railway atau biasa disebut Toei merilis desain armada baru mereka yakni Toei 5500 yang rencananya akan dioperasikan di Jalur Asakusa. Kereta ini nantinya akan memiliki konsep yang memadukan unsur tradisional Jepang dengan unsur Jepang modern.

Jika dilihat secara sepintas, desain KRL ini terlihat hampir sama seperti desain KRL yang akan beroperasi di Indonesia. Ya, desain Toei 5500 ini sepintas terlihat mirip seperti desain KRL yang akan digunakan untuk MRT Jakarta. Hanya saja ada sejumlah perbedaan kecil yang membuat Toei 5500 ini berbeda dengan KRL MRT Jakarta.


Seperti eksterior kereta. Jika eksterior MRT Jakarta didominasi oleh warna hijau dan hitam, maka pada Toei 5500 ini eksteriornya didominasi oleh warna merah dan hijau. Selain itu, jika jumlah pintu pada 1 kereta MRT Jakarta berjumlah 8 pintu di mana jumlah pintu di sisi kanan dan kiri berjumlah 4, maka pada 1 kereta Toei 5500 ini pintunya berjumlah 6 di mana jumlah pintu di sisi kanan dan kiri berjumlah 3.

Bagian interior kereta sepintas nyaris sama dengan MRT Jakarta, namun ada sejumlah perbedaan. Jika pada interior MRT Jakarta didominasi oleh warna hijau, interior Toei 5500 ini didominasi oleh warna putih. Lantai Toei 5500 ini didominasi oleh warna abu-abu. Handgrip kereta diwarnai coklat seperti kayu. Di atas pintu kereta ini juga dipasang display LCD yang akan menampilkan posisi kereta serta iklan di dalam kereta.

Ada pula sebuah inovasi baru yang diterapkan pada KRL ini yang membuatnya lebih ramah lingkungan. Alih-alih menggunakan AC sebagai pendingin ruangannya, KRL ini menggunakan sistem pemurnian udara yang membuatnya lebih hemat listrik dan ramah lingkungan. Selain itu, KRL ini juga didesain ramah difable dengan tersedianya ruang khusus kursi roda di sudut kereta.

Tampilan interior Toei 5500

Nantinya Toei 5500 ini akan beroperasi untuk menggantikan rangkaian Toei seri 5300 yang sudah beroperasi sejak 1991. Set pertama Toei 5500 ini akan mulai diproduksi pada musim semi 2017 mendatang dan produksi massalnya akan mulai dilakukan pada 2018. Rencananya akan ada 7 set atau 56 unit KRL yang akan diproduksi di mana 1 setnya terdiri atas 8 kereta.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Gambar dan berita dikutip dari Trafficnews

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment