testimoni

testimoni

10 Terluka Akibat Anjloknya Kereta Wisata Darjeeling Himalayan Railway

Lokomotif penarik kereta yang terjungkal
Twitter @pooja_news

[11/1/17]. Kecelakaan kereta api kembali terjadi di India. Kali ini kecelakaan menimpa perjalanan sebuah Kereta Wisata Darjeeling Himalayan Railway atau biasa disebut Toy Train yang beroperasi di Bengal Barat, India pada Selasa (10/1) sore kemarin. Dua kereta dan satu lokomotif anjlok dan terguling.

Anjlokkan terjadi di antara Stasiun Mahanadi dan Stasiun Dayabari. Direktur Darjeeling Himalayan Railway T. Bhutia mengatakan bahwa kejadian berawal pada saat roda dari lokomotif keluar dari jalur pada saat melintasi tikungan dekat Paglajhora. Lokomotif seketika anjlok dan terguling kemudian diikuti oleh dua kereta dibelakangnya.

Akibat peristiwa ini, 10 orang termasuk sang masinis mengalami luka-luka. Korban luka selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Kurseong guna menjalani perawatan lebih lanjut. Sedangkan penumpang selamat melanjutkan perjalanan melalui jalan raya. Petugas teknisi diturunkan guna mengevakuasi rangkaian kereta yang anjlok. Penyebab pasti anjloknya kereta masih dalam proses investigasi oleh pihak Darjeeling Himalayan Railway.

Dua kereta di belakangnya juga ikut anjlok dan terguling
Twitter @pooja_news

Darjeeling Himalayan Railway atau biasa disebut Toy Train merupakan layanan perjalanan kereta wisata yang beroperasi di Pegunungan Himalaya di wilayah Bengal Barat, India. Jalur kereta wisata ini membentang sejauh 88 kilometer dari Stasiun Darjeeling hingga New Jalpaiguri. Jalur kereta wisata yang menggunakan lebar gauge 610 mm ini sudah beroperasi sejak 1881 dan telah ditetapkan sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO pada 1999.

Tanjakan yang ada di jalur ini bisa dibilang sangat ekstrim dan memiliki tingkat elevasi yang bervariasi, mulai dari 100 meter hingga 2.200 meter. Di jalur ini terdapat stasiun tertinggi di India yakni Stasiun Ghum yang memiliki ketinggian 2.258 meter dpl. Jalur kereta wisata ini dioperasikan secara bersama oleh Indian Railway dan didukung oleh Darjeeling Himalayan Railway Society.
     

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Wikipedia

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment