testimoni

testimoni

Dua Kecelakaan dalam Sehari Terjadi di Perlintasan KA Jakarta

Keadaan di TKP sesaat setelah terjadi tabrakan antara KA 64 dengan truk (Istimewa)


[25/1/17] Tampaknya hari ini bukan merupakan hari yang baik di dunia perkeretaapian Jabodetabek. Seakan tidak ada habisnya, kali ini terjadi lagi kecelakaan antara kendaraan jalan raya dengan kereta api di perlintasan KA di Jakarta. Parahnya lagi, tidak hanya satu kali kecelakaan yang terjadi dalam sehari, tetapi dua kecelakaan sekaligus dalam waktu berdekatan pula.
Kecelakaan yang pertama terjadi pada hari ini, Rabu 25 Januari 2017 di perlintasan nomor 55 dekat Stasiun Cipinang, Jakarta Timur pada pukul 11.15 siang, di mana KA Cirebon Ekspres dari Cirebon sebagai KA 65A tertabrak sebuah truk bak kayu. Seperti yang dilansir oleh Detik, kecelakaan bermula ketika truk tersebut berupaya menerobos palang pintu perlintasan yang telah ditutup. Ndilalah, truk tersebut mogok dan akhirnya terjebak di tengah perlintasan ketika KA Cirebon Ekspres tersebut datang dan langsung menyambar truk tersebut.
Sontak bagian bak truk tersebut hancur berantakan tersambar KA sampai menghalangi jalur kereta arah Bekasi/Cikampek selama sekitar 40 menit sebelum akhirnya bisa dievakuasi, sementara perjalanan KA Cirebon Ekspres sendiri terhambat selama hampir 15 menit karena dilakukan pengecekan rangkaian terlebih dahulu. Tidak hanya lalu lintas KA saja yang terhambat, begitu juga dengan lalu lintas kendaraan di jalan raya sekitar TKP. Beruntung saja tidak ada korban jiwa, tetapi supir truk melarikan diri dan hingga berita ini turun belum diketahui keberadaannya.
Mobil yang ringsek setelah menabrak KA 364 di Patal Senayan sore tadi. (JKTInfo)
Sementara kecelakaan yang kedua terjadi di perlintasan Jalan Kramat Patal Senayan, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada pukul 16.45 sore ini (25 Januari-REDaksi) di mana KA Lokal Angke-Rangkasbitung sebagai KA 364 tertabrak sebuah mobil minibus berwarna hitam di perlintasan tersebut. Seperti yang dilansir oleh Kompas, berdasarkan keterangan Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Ardi Rahananto, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sore ini.

Akan tetapi, perjalanan KA sempat terganggu imbas keadaan mobil yang menabrak menghalangi jalur KA arah Kebayoran dari Palmerah dalam waktu yang cukup lama, sehingga diberlakukan operasi jalur tunggal Palmerah-Kebayoran selagi proses evakuasi mobil berlangsung. Proses evakuasi ini selesai sekitar pukul 18.05.

Semestinya kedua peristiwa ini semakin menyadarkan kita semua untuk selalu berhati-hati ketika melewati perlintasan KA. Jangan sampai karena tidak hati-hati, lantas kita menimbulkan bahaya dan kerepotan untuk orang banyak, baik diri sendiri, keluarga, pengguna jalan raya, dan juga pengguna KA. Masih patut disyukuri tidak jatuh korban pada kedua peristiwa ini...

Sumber:

RE Digest|Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment