testimoni

testimoni

Kereta Api Angkutan Barang Zhejiang-London Diberangkatkan

Rangkaian kereta barang tujuan London saat diberangkatkan dari Yiwu, Provinsi Zhejiang, Tiongkok
Shanghai Expat

[4/1/16]. Ambisi Tiongkok untuk menciptakan Jalur Sutra Baja yang menghubungkan Tiongkok dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa sepertinya semakin mendekati kenyataan. Pada Hari Tahun Baru kemarin telah diberangkatkan kereta api angkutan barang dari Yiwu, Provinsi Zhejiang, sebelah timur Tiongkok dengan tujuan ibukota Inggris, London.

Ini merupakan kali pertama bagi Tiongkok untuk memberangkatkan kereta barang menuju Britania Raya. Kereta barang ini mengangkut 200 kontainer yang ditempatkan pada sejumlah gerbong datar. Perjalanan menuju Inggris ini merupakan perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan, mengingat jarak dan waktu tempuh serta kereta harus berulang kali berganti gauge di beberapa perbatasan negara.

Kereta barang ini akan menempuh perjalanan sejauh 12.000 kilometer melewati 6 negara di Asia dan Eropa seperti Kazakhstan, Russia, Belarus, Polandia, Jerman, Belgia, Prancis, dan  Inggris. Kereta pun juga harus berganti gauge sebanyak dua kali di perbatasan Tiongkok dengan Kazakhstan dan perbatasan Belarus dengan Polandia karena lebar gauge yang berbeda. Perjalanan menuju Inggris ini ditempuh selama 18 hari perjalanan.

Perjalanan menuju London ini lebih pendek 1000 kilometer ketimbang perjalanan menuju Madrid yang mencapai 13.00- kilometer. Pengangkutan kontainer menggunakan kereta api dari Tiongkok menuju Inggris ini diyakini lebih cepat ketimbang pengangkutan melalui jalur laut yang memakan waktu hingga 30 hari lamanya. Namun, pengangkutan kontainer melalui jalur laut bisa mengangkut lebih banyak dari kereta api hingga 20.000 kontainer dalam sekali jalan.

China Railway selaku operator kereta barang ini meyakini bahwa kereta angkutan barang lintas benua ini tak hanya sekedar mengangkut barang, tapi juga bisa digunakan sebagai media untuk mempererat kerjasama bilateral dan ekonomi antara Tiongkok dengan Britania Raya dan negara-negara di Eropa Barat. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment