testimoni

testimoni

Kereta Barang Tiongkok-Inggris Telah Tiba di Kota London

Perjalanan kereta barang Yiwu-London saat memasuki London Eurohub Terminal
Railway Gazette

[19/1/16]. Setelah melewati perjalanan yang sangat panjang dan lama, akhirnya kereta barang dari Yiwu, Zhejiang, Tiongkok telah tiba di ibukota Inggris, London. Dilansir dari Railway Gazette, perjalanan kereta tiba di London Eurohub Terminal di Barking pada Rabu (18/1) kemarin pukul 13.00 waktu London atau sekitar pukul 20.00 Waktu Indonesia Barat.

Kedatangan kereta barang ini disambut oleh atraksi barongsai yang ditarikan oleh komunitas orang Tionghoa yang tinggal di London. Sebelumnya pada 1 Januari lalu, perjalanan kereta barang Zhejiang-London ini diberangkatkan dari Yiwu, Zhejiang, Tiongkok. Perjalanan sejauh 12.000 kilometer ini menempuh setidaknya 17 hari perjalanan.

Atraksi barongsai saat menyambut kedatangan kereta barang dari Tiongkok di London
Railway Gazette

Rangkaian juga harus berganti gauge sebanyak dua kali di perbatasan Tiongkok-Kazakhstan dan perbatasan Belarus-Polandia dari gauge standar internasional (1435 mm) ke gauge standar Russia (1520 mm). Layanan kereta barang Zhejiang-London ini diselenggarakan oleh perusahaan asal Tiongkok, Yiwu Timex Industrial Investment.

Sedangkan untuk operasional keretanya sendiri dikelola oleh Switzerland-based InterRail Group bersama dengan China Railway International Multimodal Transport yang merupakan anak perusahaan dari China Railway. Perusahaan sub-kontraktor antara InterRail dan Kazakh Railway, KTZ Railway mengoperasikan kereta di sepanjang jalur dengan lebar sepur 1520 mm dari perbatasan Tiongkok-Kazakhstan hingga perbatasan Belarus-Polandia.

Sedangkan untuk perjalanannya sampai Inggris dilakukan menggunakan lokomotif milik DB Cargo karena lokomotif milik DB Cargo diperbolehkan untuk masuk Terowongan Channel. Setelah perjalanan perdana ini, rencananya frekuensi perjalanan kereta barang Yiwu-London ini akan ditambah menjadi setiap minggu pada 3-4 bulan untuk meyakinkan pelanggan serta mensosialisasikan perjalanan kereta barang ini.

baca juga: Kereta Api Angkutan Barang Zhejiang-London Diberangkatkan


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment