testimoni

testimoni

Metro Kapsul Bandung Akan Mulai Beroperasi Desember 2017

Metro Kapsul buatan PT Trekka
Kompas.com

[29/1/17]. Buat kalian warga Bandung bersiap-siaplah untuk kedatangan moda transportasi baru. Rencananya pada akhir 2017 ini, Kota Kembang akan kehadiran moda transportasi baru yakni Metro Kapsul. Proyek Metro Kapsul Bandung ini rencananya akan dibagi ke dalam 2 tahap di mana tahap pertama akan beroperasi pada akhir tahun 2017.

Pembangunan jalur Metro Kapsul tahap pertama ini rencananya akan dimulai sekitar bulan Maret hingga April tahun ini. Jalur Metro Kapsul tahap pertama nantinya membentang sejauh 3 kilometer dari Stasiun Bandung hingga Dalem Kaum. Nantinya akan ada 3 stasiun yang dibangun pada tahap pertama ini. Sedangkan untuk tahap keduanya akan membentang dari Dalem Kaum hingga Tegalega sejauh 3 kilometer yang rencananya akan beroperasi penuh pada pertengahan 2018. 

Interior Metro Kapsul buatan PT Trekka
Detik Finance

Jadi panjang total keseluruhan jalur adalah 6 kilometer dengan jumlah stasiun sebanyak 6 stasiun perhentian. Keenam stasiun perhentian tersebut nantinya akan berlokasi di Kebonjati (Stasiun Bandung), Pasar Baru, Dalem Kaum, dan Tegalega. Sedangkan 2 stasiun perhentian lainnya akan ditempatkan di petak antara Tegalega dan Pasar Baru serta Pasar Baru dan Dalem Kaum.  

Presiden Direktur PT PP Partha Sarathi mengatakan bahwa nantinya akan dioperasikan sebanyak 10 unit Metro Kapsul di jalur ini. Namun untuk tahap 1, hanya akan ada 4 unit Metro Kapsul yang dioperasikan.

Sebelumnya pada Juli 2016 lalu, satu unit purwarupa Metro Kapsul diujicobakan di jalur uji yang berada di Subang, Jawa Barat. Metro Kapsul ini merupakan hasil karya PT Teknik Rekayasa Kapsul atau disingkat PT Trekka. Satu unit Metro Kapsul buatan Trekka ini dapat mengangkut 50 orang. Metro Kapsul ini menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya yang diambil menggunakan sepatu listrik dari rel ketiga. Roda penggeraknya menggunakan ban karet dengan diameter 17 inci.




RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment