testimoni

testimoni

Terowongan Seikan Kedua akan Segera Dibangun

Pintu masuk Terowongan Seikan dari arah Honshu
CNN

[2/1/17]. Anda pasti tahu yang namanya Terowongan Seikan. Ya terowongan kereta api terpanjang kedua di dunia setelah Gotthard Base di Swiss ini memanglah terkenal ke seantero dunia. Terowongan yang menghubungkan Pulau Honshu dan Hokkaido ini begitu termahsyur karena panjangnya dan juga melintang di dasar Selat Tsugaru yang memisahkan kedua pulau ini.

Setelah hampir 29 tahun berdiri, akan dibangun terowongan baru yang mendampingi kehadiran terowongan bawah laut legendaris ini. Dilansir dari Yahoo Japan, sejumlah perusahaan konstruksi dan ahli teknik sipil berencana akan membangun Terowongan Seikan Kedua yang juga akan dibangun di bawah Selat Tsugaru.

Sebuah komite yang diberi nama Komite Pengamat Percepatan Pembangunan Jalur Kereta Api didirikan oleh sejumlah perusahaan konstruksi besar seperti Kajima Corporation dan Taisei Construction co. ltd. serta sejumlah pakar dan ahli konstruksi swasta. Komite ini dibentuk untuk merancang jalur serta sejumlah rencana pembangunan terowongan ini.

Rangkaian Hokkaido Shinkansen saat keluar dari Terowongan Seikan
European Tribune

Perancangan jalur serta pembuatan rencana pembangunan ini dilakukan dari 2016 lalu hingga musim panas 2017 mendatang. Selain itu, komisi ini nantinya akan merekrut sejumlah ahli ekonomi dan dosen jurusan teknik sipil dari beberapa universitas di Jepang untuk mewujudkan proyek ini.

Nantinya, Terowongan Seikan Kedua ini akan memiliki panjang yang sama dengan Terowongan Seikan lama yakni 57 kilometer. Terowongan Seikan Kedua ini nantinya akan ditempatkan sejauh 100 hingga 250 meter di sebelah barat terowongan lama dan akan dibangun selama 15 tahun dengan biaya JPY 390 miliar atau sekitar Rp 45 triliun.

Terowongan kedua ini dibangun untuk memisahkan perjalanan Hokkaido Shinkansen dari kereta barang yang saat ini masih melintas di jalur yang sama di Terowongan Seikan. Pemisahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan batas kecepatan Hokkaido Shinkansen di dalam terowongan yang tadinya hanya 140 km/jam menjadi 250 km/jam. 

Pemisahan perjalanan Hokkaido Shinkansen dari kereta barang di Terowongan Seikan ini diharapkan dapat mempercepat waktu tempuh perjalanan Shinkansen dari Tokyo ke Hokkaido. Selain itu, pemisahan ini juga diharapkan dapat meningkatkan animo turis untuk naik Shinkansen ke Hokkaido.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment