testimoni

testimoni

2019, Jalur Cianjur-Padalarang Ditargetkan Beroperasi

Kereta api Pangrango di Stasiun Bogor
[31/1/17]. Kabar baik bagi warga Depok, Citayam, Cibinong, Bojonggede, Cilebut, dan Bogor yang ingin bepergian menuju Padalarang ataupun Bandung yang mungkin bosan dengan rute Jakarta-Cikampek-Bandung. Meskipun masih harus bersabar, namun Kementerian Perhubungan menargetkan jalur kereta api Cianjur-Padalarang beroperasi pada tahun 2019.

Saat ini, jalur kereta Bogor-Bandung yang merupakan jalur kereta api tertua di Jawa Barat yang dibangun oleh Staatsspoorwegen sejak akhir 1870an dan beroperasi pada tahun 1884 ini masih terputus di ruas Cianjur-Padalarang. Jalur Bogor-Sukabumi-Cianjur sudah dilayani KA Pangrango yang mulai beroperasi sejak 9 Desember 2013, dan KA Siliwangi yang mulai beroperasi sejak Februari 2014.

Beroperasinya jalur Bogor-Bandung secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat, di antaranya sebagai alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Bandung, serta mempermudah pengiriman logistik dari Sukabumi ke Bandung. Khusus logistik ini sendiri, selama ini sudah ada kereta api angkutan air mineral yang beroperasi di jalur ini, dengan rute dari Stasiun Cicurug ke Stasiun Jakarta Gudang. Apabila jalur Bogor-Bandung kembali aktif seluruhnya, maka pengoperasian KA air mineral dari Cicurug menuju Bandung juga dimungkinkan.

Dilansir dari detik.com, tahun ini akan dilakukan penggantian bantalan di ruas Cianjur-Padalarang sepanjang 6 kilometer. Sedangkan revitalisasi secara menyeluruh akan dilakukan pada tahun 2018-2019. Belum diketahui layanan kereta api kelas apa yang akan dioperasikan di jalur ini nantinya, termasuk apakah keretanya akan disubsidi atau tidak.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment