testimoni

testimoni

Awali 2017, Tokyo Metro 6119F Migrasi ke Indonesia



Kereta 6119 diangkut dengan trailer ke pelabuhan | Source
[9/2] - Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, geliat ekspor-impor KRL bukan baru sudah dimulai meskipun baru 39 hari berlalu di tahun 2017. Mengawali program pengadaan 60 unit KRL seri 6000 dari Tokyo Metro untuk menambah jumlah armada KRL oleh PT KCJ, rangkaian 6119F dikirimkan dari Dipo Shin-Kiba menuju Pelabuhan Tokyo.

Pada tanggal 7 Februari kemarin, seorang pengguna Twitter dengan nama pengguna @tmyk_photo mengunggah foto pengiriman kereta 6119 (kereta ujung arah Yoyogi-Uehara) dari rangkaian 6119F menggunakan truk trailer dari dipo Shin-Kiba menuju pelabuhan, yang di jendelanya telah tertempel shipping mark untuk pengiriman ke Indonesia menggunakan kapal angkutan barang, dengan urutan 1F/R sampai 10F/R.
Shipping mark tampak jelas pada jendela kereta | Source
Rangkaian 6119F merupakan rangkaian batch kedua yang memulai dinasnya pada 22 Agustus 1972. Rangkaian ini menjalani B-refurbishment pada 24 Februari 1997, dengan mengatur ulang formasi rangkaian serta penggantian komponen traksi dari AVF Chopper menjadi VVVF 2 fasa. Rangkaian ini menggunakan komponen VVVF buatan Hitachi, seperti pada rangkaian 6108F dan 6117F.
 
Susunan rangkaian 6119F
Rangkaian 6119F sendiri terakhir kali berdinas pada pagi hari tanggal 20 Januari 2017, dengan nomor loop KA di Chiyoda Line yang terakhir kali dilayani oleh rangkaian ini yaitu loop 08S. Berakhirnya operasi dari rangkaian ini sendiri sekaligus menandai berakhirnya dinasan Tokyo Metro seri 6000 batch kedua secara keseluruhan di Chiyoda Line, di mana rangkaian seri 6000 batch 2 pada saat ini (per 9 Februari 2017) sebagian besar sudah beroperasi di Indonesia (yaitu rangkaian 6115F hingga 6118F), sementara 1 rangkaian (rangkaian 6114F) sudah dirucat menjadi potongan logam di jalur perucatan yang ada di dipo Shin-Kiba sejak Januari 2016.

Dengan demikian, masih ada 5 rangkaian lagi yang akan dikirim ke Indonesia pada tahun ini. Apakah tahun ini akan lebih banyak rangkaian 2 fasa, atau justru rangkaian 3 fasa?

RED Citizen | Arya Dwi Pramudita

About Gerakan Muda Penggemar Kereta Api

Selamat datang di official Google+ dari komunitas Gerakan Muda Penggemar Kereta Api. Mari bersama kita bangun kereta api Indonesia yang lebih baik!
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment