testimoni

testimoni

KCJ Ujicoba Penampil Tujuan Analog Pada KRL Seri 205

Display roll samping saat menunjukkan tujuan Nambo
picture by: Budi Surono

[7/2/17]. Setelah sebelumnya KCJ mengujicoba penggunaan display tujuan LED pada sejumlah rangkaian JR 205, kini KCJ juga mulai memanfaatkan penggunaan display tujuan roll pada rangkaian KRL eks. Jepang. Uji coba penggunaan display roll ini dilakukan pada rangkaian JR 205-69F eks. Jalur Yokohama.

Pemasangan display roll berbahasa Indonesia ini dilakukan di Dipo Depok pada Senin (6/2) kemarin. Seluruh display roll yang ada di kereta, baik bagian depan maupun samping yang masih menunjukkan stasiun tujuannya selama di Jepang diganti menggunakan stasiun tujuan di Indonesia. Setelah dipasangi display roll berbahasa Indonesia, rangkaian langsung berdinas sebagai KA 1175 Commuter Line Depok-Jakarta Kota dan kembali menjadi KA 1176 Commuter Line Jakarta Kota-Bogor.

Stasiun-stasiun tujuan di Jabodetabek seperti Bogor, Depok, Nambo, Bojong Gede, Manggarai, Jakarta Kota, dan sejumlah stasiun tujuan lainnya dapat ditunjukkan menggunakan display roll ini. Warna background pada display disesuaikan dengan relasi KRL seperti merah, kuning, biru, hijau, coklat, pink, dan putih dengan tujuan kereta ditulis menggunakan warna hitam.

Display roll yang masih belum terpasang
picture by: Budi Surono

Pemasangan display roll ini pun tidak seperti pemasangan display LED berbahasa Indonesia yang hanya perlu menginstall sistem. Perangkat display roll harus dicopot dari kotaknya sehingga roll tujuannya bisa dipasang dengan mudah. Saat ini pemasangan display roll berbahasa Indonesia ini baru dilakukan pada satu rangkaian saja. Namun tidak menutup kemungkinan seluruh display roll KRL eks. Jepang akan diganti dengan display roll berbahasa Indonesia.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment