testimoni

testimoni

Elektrifikasi Rampung, Jalur Maja-Rangkasbitung Diujicoba Pakai KRL

Rangkaian KLB uji coba Rangkasbitung saat ditarik oleh KRD NR

[3/2] - Kabel listrik aliran atas (LAA) yang telah menyentuh Rangkasbitung sejak beberapa tahun ke belakang, menjadi penanda bahwa KRL suatu saat akan memasuki ibukota Kabupaten Lebak tersebut. Hari ini, PT KCJ mengujicobakan satu rangkaian KRL formasi 10 kereta ke Stasiun Rangkasbitung, sebagai persiapan pengoperasian KRL Rangkasbitung-Angke.

Ujicoba KRL ke Rangkasbitung ini dilaksanakan pada pagi hari, dengan menggunakan rangkaian KRL seri 6000 propulsi VVVF formasi 10 kereta, yaitu 6108F, yang dikirimkan dari Dipo Depok. Sebagai antisipasi gangguan, KRD Penolong juga dikirimkan dari Dipo Bukit Duri. Memang hari ini bukan kali pertama KRL dengan propulsi VVVF masuk ke jalur barat, namun 6108F merupakan pembuka jalan bagi KRL-KRL lain, baik yang berpropulsi VVVF maupun bukan, yang nantinya akan ditugaskan ke Rangkasbitung.

Perjalanan uji coba ini dimulai sekitar pukul 9 pagi dari Stasiun Maja. Perjalanan uji coba ini diikuti oleh sejumlah pejabat KCJ, KAI, dan Kemenhub. Rangkaian tiba di Stasiun Rangkasbitung sekitar pukul setengah 10. Pada berangkatnya, rangkaian berjalan sendiri dari Maja hingga Rangkasbitung. KRD NR milik Dipo Bukit Duri disiagakan di Stasiun Maja untuk mengantisipasi rangkaian KRL mogok pada saat uji coba.

KRL berhenti cukup lama di Stasiun Rangkasbitung untuk menunggu pejabat KAI, KCJ, dan Kemenhub yang sedang menginspeksi kesiapan di Stasiun Rangkasbitung serta menanti kru dan pejabat menunaikan ibadah Sholat Jumat berjamaah. KLB beserta rombongan kembali ke Stasiun Maja sekitar pukul 1.

Seusai ujicoba, rangkaian 6108 yang telah kembali ke Maja tersebut kemudian dirangkaikan dengan KRD NR untuk ditarik hingga Stasiun Tanah Abang untuk selanjutnya didorong hingga Stasiun Manggarai, sebelum kemudian berpisah di mana KRD NR tersebut pulang dipo Bukit Duri, sedangkan rangkaian 6108 menjadi KLB menuju Dipo Depok.

Rangkaian berangkat Maja dengan ditarik KRD NR sekitar pukul 13.30 dan tiba di Manggarai sekitar pukul 15.30, sebelum kemudian dilepas dan berangkat ke Depok dengan menggunakan tenaga sendiri sekitar pukul 15.45.
KRD NR dan rangkaian 6108F di jalur 7 Manggarai
Bagi anda yang sudah tak sabar menanti kehadiran KRL ke Rangkasbitung, jadwal perjalanan KRL sudah dirilis oleh pihak KCJ. Jadwal perjalanan KRL Rangkasbitung menggunakan nomor pemberangkatan serta nomor KA milik KA Lokal Rangkasbitung yakni KA 355, 363, 354, dan 362. KRL Rangkasbitung ini nantinya akan memiliki relasi Angke-Rangkasbitung sama seperti relasi KA Lokal. Jadwal dan nomor KA ini akan digunakan sampai GAPEKA 2017 dirilis pada 1 April 2017 mendatang. Berikut adalah jadwal perjalanan KRL Rangkasbitung-Angke.
Jadwal KRL Commuter Line Rangkasbitung

RED | MPSCLFJRN | Ikko Haidar Farozy | Bayu Tri Sulistyo

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment