testimoni

testimoni

Genangan Air Rendam Sejumlah Titik di Daop 1

Kondisi Dipo Lokomotif Jatinegara yang terendam banjir
istimewa

[21/2/17]. Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten menyebabkan genangan air di sejumlah lokasi. Air menggenangi sejumlah jalur kereta api yang menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api. Yang pertama air menggenangi sinyal masuk Stasiun Merak, Banten pada pukul 1.00 dini hari tadi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim REDaksi, air menggenang setinggi 120 centimeter. Tak hanya merendam rel, air juga menggenangi jalan raya di dekat rel. Genangan air di Merak disebabkan oleh curah hujan tinggi dan pasang air laut. Akibat genangan ini KA 168 Krakatau relasi Kediri-Merak terpaksa ditahan di Stasiun Cilegon. 

Sedangkan di ibukota air merendam Stasiun Kampung Bandan pada pukul 3.00. Air merendam dengan ketinggian  sekitar 6 centimeter di atas kepala rel. Akibatnya perjalanan KRL dan kereta api pun tidak dapat melintas di Kampung Bandan. Kiriman lokomotif untuk kereta api penumpang dialihkan lewat Lintas Layang. Perjalanan KRL Bogor-Jatinegara pun terpaksa dipotong hanya sampai Duri. KRL dan kereta api baru dapat melintas di Kampung Bandan pada pukul 7.48.

Genangan air juga merendam emplasemen Stasiun Jakarta Kota. Air merendam dengan ketinggian 10 centimeter. Genangan ini menyebabkan operasional KRL Commuter Line Bogor-Jakarta Kota dan Bekasi-Jakarta Kota terganggu. KRL terpaksa mengakhiri perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai karena Stasiun Jakarta Kota tidak bisa dimasuki oleh KRL. 

Pada pukul setengah 6 pagi, di Jatinegara air merendam di bawah rel menyebabkan sinyal menyala merah. Kondisi lebih parah terjadi di Dipo Lokomotif Jatinegara. Di dalam dipo air merendam hingga ketinggian 16 centimeter menyebabkan lokomotif tidak bisa keluar dan masuk dipo serta aktifitas di dalam dipo terhenti. Sedangkan perjalanan kereta api di Stasiun Jatinegara masih dapat beroperasi dengan menggunakan semboyan 4A. 

Tak hanya menggenangi lintas, hujan deras selama semalaman ini juga menyebabkan underpass penyeberangan yang ada di Stasiun Manggarai turut terendam air. Air merendam dengan ketinggian setara mata kaki. Akibatnya, aktifitas penyeberangan penumpang lewat underpass ini terganggu. 

Underpass penyeberangan Stasiun Manggarai yang terendam banjir
picture by: Muhammad Ridwan


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment