testimoni

testimoni

Jalur Maja-Rangkasbitung Kembali Diujicoba Pakai KRL

Rangkaian uji coba saat memasuki Stasiun Rangkasbitung
picture by: Juli Ana

[24/2]. Menjelang beroperasinya KRL, Jalur Maja-Rangkasbitung kembali diujicoba menggunakan rangkaian KRL. Uji coba kali ini dilakukan pada Jumat pagi tadi. Jika pada uji coba sebelumnya menggunakan rangkaian Tokyo Metro 6018F, kali ini uji coba menggunakan rangkaian JR 205-78F. Uji coba ini diikuti oleh sejumlah pejabat dari KAI, KCJ, dan Ditjen Perkeretaapian.

baca juga: Elektrifikasi Rampung, Jalur Maja-Rangkasbitung Diujicoba Pakai KRL

Ada yang berbeda pada uji coba kali ini. Jika uji coba sebelumnya hanya menggunakan rangkaian KRL dan KRD NR untuk berjaga-jaga, pada uji coba kali ini KAIS Wijayakusuma juga turut mengangkut sejumlah pejabat menuju Stasiun Maja sebelum naik rangkaian KRL menuju Rangkasbitung.

KLB Wijayakusuma saat melintas langsung Kebayoran menuju Maja
picture by: Rio Zwts

Wijayakusuma berangkat mengangkut pejabat dari Stasiun Tanah Abang ke Maja pada pukul 9.00 dan tiba pukul 10.07. Selanjutnya, pejabat naik ke KRL menuju Rangkasbitung. Uji coba dimulai sekitar pukul 10.30 dari Stasiun Maja. Rangkaian KRL diberangkatkan menuju Rangkasbitung dengan menggunakan sistem petak jalan. Rangkaian KLB sempat berhenti di Stasiun Citeras untuk melihat kesiapan jelang pengoperasian KRL. Rangkaian kembali diberangkatkan menuju Rangkasbitung sekitar pukul 10.35 dan tiba pada pukul 11.11.

baca juga: [Eksklusif] Melihat Kesiapan Stasiun Rangkasbitung, Citeras, dan Angke Jelang Beroperasinya KRL

Rangkaian uji coba berhenti cukup lama di Stasiun Rangkasbitung untuk memberikan kesempatan bagi pejabat melihat kesiapan Stasiun Rangkasbitung serta melaksanakan Sholat Jumat di masjid dekat stasiun. Seusai melaksanakan Sholat Jumat, rombongan kembali ke stasiun untuk kembali ke Maja. 

Rombongan pejabat saat uji coba KRL ke Rangkasbitung
picture by: Gerald Sevincy Darmawan

Rangkaian KRL yang mengangkut pejabat diberangkatkan dari Stasiun Rangkasbitung pada pukul 13.00 dan tiba di Maja pada sekitar pukul 13.30. Selanjutnya rombongan pejabat melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Tanah Abang menggunakan KAIS Wijayakusuma. KAIS diberangkatkan dari Maja pada pukul 13.41 dan tiba di Tanah Abang pada pukul 14.48. Seperti pemulangan rangkaian 6018F pada uji coba pertama, pemulangan rangkaian 205-78F ke Dipo Bukit Duri dilakukan bersama dengan KRD NR untuk mempersingkat waktu. 

Uji coba kedua ini seperti memberikan angin segar pada masyarakat Rangkasbitung yang sudah menantikan beroperasinya KRL sejak lama. Pasalnya selama ini masyarakat Rangkasbitung hanya mengandalkan KA Lokal untuk pergi ke ibukota. Diharapkan dengan beroperasinya KRL ke Rangkasbitung dapat mempermudah mobilisasi masyarakat menuju Jakarta serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Rangkasbitung.

baca juga: Februari 2017, KRL ke Rangkasbitung Beroperasi Reguler


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment