testimoni

testimoni

KAI Nyatakan Siap Jadi Investor LRT Jabodebek

Katadata

[22/2/17]. Setelah sebelumnya menjadi investor proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, PT KAI juga akan menjadi investor untuk proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Dilansir dari Katadata, PT KAI menyatakan siap menjadi investor proyek LRT Jabodebek apabila ditugaskan oleh pemerintah. 

Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pemerintah mengajukan sebuah skema yang menugaskan KAI untuk turut membiayai pembangunan jalur LRT alias KAI juga menjadi investor proyek ini. Apabila rencana ini terwujud, secara otomatis KAI tak hanya menjadi operator jalur tapi juga investor proyek jalur.

Edi juga mengatakan dalam skema ini nantinya pemerintah juga akan menggelontorkan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT KAI. Namun Edi tidak menyebutkan secara pasti berapa besaran PMN tersebut. Dirut Adhi Karya Budi Harto mengakui skema pembiayaan proyek LRT Jabodebek masih belum diputuskan secara pasti, namun ada kecenderungan KAI akan terlibat dalam sebagai investor pembiayaan proyek ini.


Budi juga mengatakan PT KAI akan menggelontorkan dana senilai Rp 7,6 triliun untuk membiayai pembangunan jalur LRT Jabodebek ini. Sisa kekurangan dananya akan diambil dari pinjaman yang dilakukan bersama oleh.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno meminta PT KAI untuk menjadi investor proyek jalur LRT Jabodebek. Dirut Adhi Karya Budi Harto mengatakan dalam pola investasinya nanti PT KAI akan menjadi investor dominan, sedangkan Adhi Karya akan menjadi kontraktor proyek ini. Singkat kata KAI membiayai, Adhi Karya mengerjakan. Usulan ini muncul dalam rapat koordinasi antara Adhi Karya dengan PT KAI yang dipimpin oleh Rini Soemarno. 

KAI diminta membiayai pembangunan jalur LRT Jabodebek karena sebelumnya proyek ini didanai menggunakan dana APBN. Namun sayangnya APBN tak sanggup membiayai proyek ini karena biaya yang dibutuhkan sangatlah besar.




RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment