testimoni

testimoni

Kemenhub Kembali Gelar Angkut Motor Mudik Gratis Dengan Kereta Api

Beberapa motor yang bersiap untuk diangkut dengan kereta
Berita Seharian

[15/2/17]. Kemacetan lalu lintas merupakan hal yang biasa terjadi pada mudik Lebaran setiap tahunnya. Ribuan kendaraan pribadi memenuhi jalanan dan pelabuhan. Mayoritas kendaraan yang digunakan adalah kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT KAI kembali mengadakan angkutan motor gratis menggunakan kereta api pada musim Mudik Lebaran 2017 kali ini. Kemenhub dan KAI telah membuka pendaftaran bagi pemudik yang ingin mengangkut motor mereka menggunakan kereta api.

Pendaftaran terbagi dua, yakni secara online dan pendaftaran langsung. Untuk pendaftaran online dibuka pada hari ini (15/2) melalui website mudikgratis.dephub.go.id, sedangkan untuk pendaftaran langsung dapat dilakukan mulai tanggal 16 Februari besok di 10 stasiun kereta api yang diantaranya adalah:
  • Stasiun Bogor
  • Stasiun Bekasi
  • Stasiun Pasar Senen
  • Stasiun Tangerang
  • Stasiun Depok
  • Stasiun Lemah Abang
  • Stasiun Jakarta Gudang
  • Stasiun Purwakarta
  • Stasiun Kiaracondong
Untuk prosedur pendaftarannya, baik langsung ataupun online hampir tidak ada perbedaan yang signifikan. Siapkan sejumlah berkas seperti KTP, SIM, STNK, dan KK. Bagi pendaftar online, scan semua arsip tersebut lalu upload ke website pendaftaran. Sedangkan bagi pendaftar langsung, bawa semua arsip tersebut ke 10 stasiun pendaftaran di atas.

Setelah mendaftar, nantinya pendaftar online akan bertemu dengan tim verifikasi data di stasiun. Pendaftar online nantinya membawa bukti pendaftaran yang dikirimkan melalui e-mail. Sedangkan bagi pendaftar langsung nantinya cukup membawa berkas tersebut ke tim verifikasi data untuk didaftarkan secara manual. Setelah data diverifikasi, pendaftar akan diberikan bukti verifikasi.

Selanjutnya, pendaftar akan bertemu dengan konsul pengawasan dengan membawa bukti verifikasi, bukti pembayaran, dan formulir pemesanan tiket yang telah diisi sebelum bertemu dengan konsul travel. Di konsul travel, nantinya pendaftar akan dipesankan tiket perjalanan kereta api di mana nantinya pendaftar akan diberikan barcode untuk pemudik, tiket kereta api, dan sepeda motor yang nantinya akan diserahkan ke petugas ekspedisi saat hari keberangkatan.

Prosedur pendaftaran angkutan motor gratis dengan kereta api



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment