testimoni

testimoni

Kereta Penumpang Riyadh-Al Qassim Resmi Beroperasi

Rangkaian kereta penumpang Riyadh-Al Qassim yang dioperasikan oleh Saudi Arabian Railway
Railway Gazette

[28/2]. Setelah sekian lama tidak meluncurkan kereta angkutan penumpang, kini Arab Saudi meluncurkan meluncurkan perjalanan kereta api dari ibukota Arab Saudi, Riyadh, menuju provinsi di sebelah utara Riyadh, Al Qassim. Dilansir dari Railway Gazette, perjalanan perdana kereta penumpang Riyadh-Al Qassim ini dilakukan pada Minggu (26/2) lalu.

Rangkaian kereta nantinya akan menempuh perjalanan sejauh 500 kilometer dari Riyadh sampai Al Qassim. Kereta memulai perjalanan dari Stasiun King Khalid International Airport yang berada di Kota Riyadh sampai Stasiun Al Qassim dan berhenti di Stasiun Majmaah.

Desain interior rangkaian kereta CAF yang diimpor oleh SAR
Railway Gazette

Rangkaian kereta yang digunakan adalah rangkaian KRD yang dibuat oleh pabrikan kereta api asal Spanyol, CAF, yang tiba di Arab Saudi pada Agustus 2016 lalu. Rangkaian KRD ini dapat melaju hingga kecepatan 200 km/jam dan di temperatur ekstrim mulai dari -5° Celcius hingga 50° Celcius. Sebanyak 12 kereta diesel penggerak dan 65 kereta penumpang didatangkan oleh Saudi Arabian Railway (SAR).


Sampai 1 April mendatang, kereta penumpang Riyadh-Al Qassim ini beroperasi selama 4 hari dalam seminggu, yakni pada hari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin. Kereta diberangkatkan dari Stasiun King Khalid International Airport pada pukul 10.00 dan dari Stasiun Al Qassim pada pukul 15.00.

Mulai 2 April 2016 mendatang, perjalanan kereta penumpang Riyadh-Al Qassim ini akan beroperasi setiap hari. Nantinya akan ada tambahan jadwal perjalanan kereta dari Al Qassim menuju Riyadh maupun sebaliknya. Jadwal tambahan diberangkatkan dari Al Qasim pada pukul 5.00 dan dari King Khalid International Airport pada pukul 18.00.

Perjalanan Riyadh-Al Qassim ini merupakan fase kedua dari rencana pengoperasian kereta api dari Riyadh ke Al Qurayyat yang berada di perbatasan Arab Saudi dan Yordania sejauh 1.242 kilometer. Fase pertamanya sendiri membentang dari King Khalid International Airport hingga Majmaah. Saudi Arabian Railway berencana akan memperpanjang perjalanan kereta penumpang ini hingga Hail pada fase ketiga. 

Namun pihak SAR belum bisa memastikan kapan fase ketiga akan mulai beroperasi. Dan setelah fase 4 selesai, rencananya akan dioperasikan kereta malam dari Riyadh sampai Al Qurayyat di mana rangkaian keretanya akan menggunakan kereta tidur. 



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment