testimoni

testimoni

Lokomotif Meter Gauge Buatan Tiongkok Diujicoba di Argentina

Lokomotif lebar sepur 1000 mm buatan Tiongkok saat menjalani ujicoba di Belgrano, Argentina
Railway Gazette

[27/2]. Lokomotif dengan lebar sepur 1000 mm atau meter gauge buatan Tiongkok diujicobakan di Aregentina pada Rabu (22/2) lalu. Dilansir dari Railway Gazette, lokomotif ini dibuat oleh perusahaan manufaktur kereta api asal Tiongkok, CRRC, dan dipesan oleh perusahaan operator kereta barang Argentina, Trenes Argentinos Cargas. Lokomotif ini merupakan kloter pertama daei 107 unit yang dipesan ke Tiongkok dan tiba di Argentina pada 8 Februari lalu. 

Dua unit lokomotif diujicoba dengan menarik 21 gerbong barang yang diisi dengan bantalan beton dengan berat keseluruhan 1.300 ton. Uji coba ini pun berjalan dengan sukses. Kedua lokomotif ini mampu untuk menarik rangkaian gerbong barang berisi bantalan beton tersebut. Uji coba dilakukan di jalur antara San Jose dengan Dean Funes yang berada di Provinsi Cordoba.

Trenes Argentinos Cargas sendiri mulai memesan lokomotif ini pada Desember 2014 lalu. Sebanyak 107 unit lokomotif dipesan untuk meremajakan armada lokomotif yang beroperasi di Jaringan Jalur Belgrano yang berada di utara Argentina. Tak hanya memesan lokomotif, Argentinos Cargas juga memesan 2000 gerbong barang. Lokomotif dan gerbong barang ini nantinya akan digunakan untuk angkutan bahan tambang dan gandum.

Lokomotif ini ditenagai dengan mesin MTU berkekuatan 3000 tenaga kuda. Lokomotif ini juga memiliki pendingin udara di kabin serta sistem deteksi gangguan yang berfungsi untuk memberitahu masinis apabila rangkaian mengalami gangguan.   


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment