testimoni

testimoni

Dianggap Tak Layak, Proyek Jalur CGK-HLP Kembali ke Meja Perencanaan

Proyek Stasiun Bandara Soekarno Hatta
Kompas.com

[4/2/17]. Proyek jalur kereta penghubung dua bandara di Jakarta, yakni Bandara Halim Perdanakusuma dengan Bandara Soekarno Hatta sepertinya hanya tinggal angan saja. Pasalnya pemerintah akan mengembalikan proyek kereta ekspres penghubung kedua bandara tersebut kembali ke tahap perencanaan.

Dilansir dari Jakarta Globe, pengembalian proyek ini ke tahap perencanaan adalah karena proyek kereta ekspres penghubung dua bandara dinilai tidak layak. Berdasarkan hasil studi lebih lanjut mengindikasikan jalur ini tidak dapat menghasilkan pengembalian investasi yang menarik bagi investor swasta.

Proyek jalur sejauh 34 kilometer ini merupakan salah satu proyek strategis ibukota dengan prioritas utama pendanaan oleh Pemerintah Pusat yang rencananya akan dibangun dengan skema public-private partnership. Studi yang dilakukan oleh badan pembiayaan infrastruktur, Sarana Multi Infrastruktur menyimpulkan bahwa pemerintah akan mengucurkan dana Rp 17,5 triliun untuk membiayai proyek ini.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono mengatakan bahwa pihaknya akan meninjau kembali proyek ini. Apakah nantinya akan ditambahkan sesuatu ke jalurnya, apakah rutenya akan dipindah, atau apakah trasenya akan dialihkan. Rencana aslinya, jalur Halim-Soetta ini akan melewati sejumlah stasiun seperti Tebet, Manggarai, Tanah Abang, hingga Bandara Soekarno-Hatta dan pastinya bersinggungan dengan jalur yang sudah ada.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment