testimoni

testimoni

Tram Melbourne Akan Ditenagai Listrik Tenaga Surya

Tram Kota Melbourne
Wikiwand

[17/2/17]. Matahari. Ya bintang yang menjadi pusat Tata Surya ini merupakan salah satu bukti keesaan Tuhan. Bagaimana tidak? Begitu banyak manfaat yang dirasakan oleh seluruh makhluk di Bumi termasuk manusia. Cahaya Matahari merupakan salah satu komponen penting untuk proses fotosintesis bagi tanaman. Selain itu, cahaya Matahari merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang tidak akan habis selama Matahari masih bersinar.

Saat ini, beberapa negara maju mulai memanfaatkan cahaya Matahari sebagai sumber energi listrik mereka. Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, namun listrik yang dihasilkan juga digunakan untuk keperluan industri dan transportasi seperti kereta listrik dan tram listrik. Hal itulah yang saat ini tengah dikembangkan oleh Pemerintah Victoria, Australia.

Dilansir dari Australia Plus, Pemerintah Negara Bagian Victoria akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berskala besar untuk menghasilkan listrik yang nantinya akan digunakan sebagai sumber tenaga untuk operasional tram listrik di Kota Melbourne. PLTS ini nantinya akan menghasilkan tenaga listrik sebesar 75 megawatt di mana setengahnya akan digunakan untuk jaringan tram listrik Melbourne.

PLTS rencananya akan dibangun di Victoria Barat Laut. Lelang Tender pembangunan PLTS rencananya akan dibuka pada semester awal tahun 2017 ini. Ditargetkan proyek PLTS ini akan rampung pada akhir 2018 mendatang.

Pembangunan PLTS ini merupakan bagian dari komitmen Negara Bagian Victoria untuk mencapai target penggunaan energi terbarukan sebesar 25% pada 2020 dan 40% pada 2025. Skema ini memiliki tujuan untuk mendukung belanja modal sebesar AUD 9 miliar atau sekitar IDR 90 triliun untuk membiayai proyek energi terbarukan yang menghasilkan investasi langsung di Victoria sebesar AUD 2,5 miliar atau sekitar IDR 25 triliun.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment