testimoni

testimoni

4 Perlintasan Sebidang di Jakarta Akan Ditutup

Perlintasan Tanjung Barat yang rencananya akan ditutup
Sindo

[8/3]. Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Pemprov DKI Jakarta, dan Polda Metro Jaya berencana akan menutup 4 perlintasan kereta api sebidang yang ada di wilayah Jakarta. Dilansir dari Detik, penutupan 4 perlintasan ini akan mulai dilakukan pada Mei 2017 mendatang. Perlintasan yang akan ditutup berada di lintas Manggarai-Bogor, Manggarai-Bekasi, dan Tanah Abang-Serpong.

Keempat perlintasan tersebut diantaranya adalah Perlintasan Jl. Pejompongan I, Perlintasan Underpass Pasar Minggu, Perlintasan TB Simatupang atau Tanjung Barat, dan Perlintasan Pondok Kopi atau Penggilingan. Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono mengatakan akan dilakukan uji coba pada April 2017 sebelum keempat perlintasan ini ditutup. 

Penutupan keempat perlintasan ini merupakan tahap 1 dari penutupan perlintasan sebidang di wilayah DKI Jakarta. Dalam surat dengan nomor KA. 101/2/3 PHB 2015 tentang penanganan perlintasan tak sebidang di DKI Jakarta bertanggal 15 Desember 2015 yang disampaikan Kemenhub kepada Pemprov DKI Jakarta, rencananya ada 19 perlintasan KA sebidang di DKI Jakarta yang akan ditutup. Penutupan 19 perlintasan ini akan dilakukan secara bertahap.

Penutupan perlintasan-perlintasan ini ditujukan untuk memperlancar arus lalu lintas serta mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di perlintasan. Selain itu, perlintasan-perlintasan yang akan ditutup sudah memiliki flyover ataupun underpass sehingga keberadaan perlintasan sebidang sudah tidak diperlukan lagi. 

Underpass Pasar Minggu
Liputan 6
Untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif untuk pengguna jalan yang biasa menyebrangi keempat perlintasan tersebut. Yang pertama untuk perlintasan Jl. Pejompongan I. Bagi pengendara yang biasa berputar balik menuju Jl. Tentara Pelajar maupun Permata Hijau di perlintasan ini dapat berputar balik di arah Jl. Penjernihan.

Kedua untuk perlintasan Underpass Pasar Minggu. Bagi pengendara yang hendak menuju Pasar Rebo, anda dapat menyebrangi rel lewat underpass menuju Tanjung Barat. Ketiga untuk perlintasan Tanjung Barat. Bagi anda yang hendak menuju Pasar Rebo dari Depok, anda dapat berputar balik di depan Stasiun Pasar Minggu lalu lewat underpass Pasar Minggu, atau anda juga bisa berputar di depan Kementerian Pertanian lalu naik ke flyover Tanjung Barat.

Keempat untuk perlintasan Pondok Kopi atau Penggilingan, bagi anda yang hendak menuju Penggilingan dan Cakung, anda dapat berputar di depan Stasiun Buaran lalu naik ke flyover Buaran. Lalu bagi anda yang datang hendak menuju Tol Lingkar Luardari arah Penggilingan dan Cakung anda dapat memutar di depan Stasiun Buaran, naik ke flyover menuju Jl I Gusti Ngurah Rai lalu masuk ke Gerbang Tol Bintara.   

Keempat perlintasan ini bukanlah perlintasan pertama yang ditutup. Sebelumnya pada April 2016 lalu, perlintasan sebidang di Stasiun Tebet ditutup. Lalu disusul oleh perlintasan sebidang di Stasiun Pasar Senen pada Oktober 2016 lalu.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment