testimoni

testimoni

Barata Akan Ekspor Bogie ke Amerika

Bogie lokomotif CC 206 buatan Barata Indonesia
All About Train and Railfans (Huda Logawa)

[9/3]. Industri perkeretaapian Indonesia semakin menunjukkan taringnya di kancah perkeretaapian dunia. Setelah sebelumnya PT INKA mengekspor rangkaian kereta ke sejumlah negara, kini giliran perusahaan manufaktur, pengecoran, dan EPC, Barata Indonesia, memperlihatkan dirinya di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Dilansir dari Kompas.com, Barata Indonesia akan mengekspor bogie yang dipesan oleh perusahaan manufaktur, Standard Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company yang bermarkas di Illinois, Amerika Serikat. Pengeksporan bogie ini memiliki nilai kontrak sebesar USD 11,8 juta atau sekitar Rp 157 miliar.

Direktur Utama PT Barata Indonesia Silmy Karim mengatakan Barata sudah bekerjasama dengan SCT sejak 1997 dengan approve dari The Association of American Railroads (AAR) sejak 2011. Kesepakatan ekspor bogie ini tertuang dalam penandatanganan Letter of Intent (LoI) yang dilakukan oleh Dirut Barata Indonesia Silmy Karim dan General Manager SCT Philip R Lindsell di Kantor PT Barata Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

Pabrik pengecoran Barata sudah mengantongi sertifikat dari AAR sebagai persyaratan untuk menembus pasar Amerika Serikat dan Kanada. Silmy mengatakan setiap minggunya akan dikirim 4 kontainer komponen bogie ke Amerika. Silmy mengatakan Barata akan berusaha meningkatkan nilai kontrak hingga USD 20-30 juta secara bertahap.

Vice President dan General Manager SCT Mickey Korzeniowski mengatakan dipilihnya Barata sebagai partner karena kualitas bogie buatan mereka bagus dan dapat bersaing dengan buatan negara lain. SCT pun tak ragu untuk memasarkan kereta mereka yang menggunakan bogie Barata ke negara lain seperti Uruguay, Chile, Kolombia, ataupun Australia.

Ini bukanlah kali pertama Barata mengekspor bogie ke luar negeri. Sebelumnya pada 2016 lalu, Barata berhasil mengekspor bogie dengan tipe S2HD9C ke Meksiko. Selain diekspor, bogie Barata juga digunakan di dalam negeri seperti yang digunakan oleh lokomotif CC 206.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment