testimoni

testimoni

Beginilah Tampilan Rangkaian KA Bandara Soetta

Tampilan rangkaian KA Bandara Soekarno Hatta
[13/2]. Kita semua menantikan kehadiran KA Bandara Soekarno Hatta. Bagaimana tidak? Di tengah kemacetan jalan yang semakin parah kehadiran KA Bandara bisa menjadi alternatif bagi para penglaju yang biasa bepergian menggunakan pesawat dari Basoetta. Sejauh ini kita sudah tahu bagaimana progress dari pembangunan jalurnya. Lalu bagaimana dengan keretanya? Bagaimana kah tampilannya?

Tampilan muka kereta Bandara Soekarno Hatta ini sepintas terlihat mirip seperti rangkaian KRDE yang dipakai oleh KA Bandara Kualanamu di Sumatera Utara. Hanya bedanya wajahnya lebih aerodinamis serta cow catchernya lebih tertutup. Jika anda perhatikan secara teliti, wajah KA Basoetta ini terlihat seperti KRL Rheostatik Djoko Lelono I. 

Selain itu, livery KA Bandara Soekarno Hatta berbeda dengan Kuala Namu. Jika KRDE Woojin Kualanamu menggunakan warna dominan abu-abu. Maka pada KA Bandara Soetta warna kereta didominasi oleh warna putih. Terdapat 2 pintu di tiap ujung kereta seperti yang ada di Kualanamu.

Setelah melihat eksterior, kini kita akan melihat interior kereta. Interior kereta sepintas terlihat tak berbeda jauh dengan yang ada di Kualanamu. Interior kereta didominasi warna putih dan abu-abu. Terdapat TV LCD yang akan digunakan untuk informasi, hiburan, dan iklan serta panel LED di pojok kereta dekat pintu. Perbedaannya hanya pada warna jok dan rak barangnya saja.

Jika pada KA Bandara Kualanamu berwarna putih dan biru. Pada KA Bandara Soekarno Hatta bangkunya berwarna abu-abu dan putih. Selain itu jika pada KA Bandara Kualanamu rak barang disatukan di pojok kereta, maka pada KA Bandara Soekarno Hatta rak barang ditempatkan di atas tempat duduk.

Tampilan interior KA Basoetta
Rangkaian KA Bandara Soekarno Hatta dibuat oleh pabrikan kereta asal Korea Selatan, Woojin, dan dirakit oleh PT INKA Madiun. Rangkaian nantinya akan menggunakan tenaga listrik (KRL). Rencananya rangkaian pertama KA Basoetta akan tiba pada Maret ini. 

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
All picture source: Detik

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment