testimoni

testimoni

Hore! Mulai 1 April, Stasiun Malang Kotalama Akan Layani Keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh

Stasiun Malang Kotalama, diambil dari PJL 78
Ramainya penumpang kereta api di Stasiun Malang atau yang biasa disebut Malang Kotabaru sudah sangat padat. Dengan perjalanan Kereta Api yang cukup banyak dan rata-rata jam keberangkatan yang cukup mepet antara satu KA dengan KA lainnya mengakibatkan menumpuknya penumpang di waktu bersamaan di stasiun tersebut. Seperti jam keberangkatan KA Gajayana pada pukul 13.30, Lalu KA Bima pukul 14.25, Berlanjut KA Tawang Alun dan Malabar pukul 15.55 dan 16.00. KA Mutiara Selatan pukul 16.20, KA Matarmaja pukul 17.00, dan KA Majapahit pukul 18.20 yang akan mundur 10 menit menjadi pukul 18.30 pada GAPEKA 2017 (jadwal diatas berdasarkan GAPEKA 2015). Belum lagi dengan adanya kedatangan KA Lokal Penataran di sela-sela jam sibuk tersebut. Maka, betapa padatnya Stasiun Malang saat jam sibuk tersebut apalagi jika sudah Weekend.

Desasu-desus mengenai memindahkan kepadatan penumpang ke Stasiun Malang Kotalama sudah beberapa kali terdengar. Namun, realisasinya yang belum jelas apakah menunggu revitalisasi Stasiun Kotalama dimulai atau dalam waktu dekat. Saat ini, Stasiun Malang Kotalama hanya melayani kedatangan dan keberangkatan KA Penataran, stasiun terminus bagi KA Tawang Alun tujuan Banyuwangi, Kedatangan KA dari arah barat dan KA Ketel saja.

Kabar baiknya, Per 1 April 2017 nanti atau bertepatan dengan berlakunya GAPEKA 2017, Stasiun Malang Kotalama melayani keberangkatan beberapa kereta api penumpang ke arah barat yang melewati Blitar. Ini ditujukan agar penumpukan penumpang di Stasiun Malang bisa diurai dan tidak hanya menumpuk di Stasiun Malang Kotabaru saja. Masyarakat yang ingin berpergian dengan kereta api bisa melalui Stasiun Malang Kotalama sebagai alternatif lainnya. Terutama untuk warga di sekitar Gadang, Kacuk, Janti, Sukun, Kebon Agung dan sekitarnya yang mungkin membutuhkan waktu dan jarak yang lumayan jauh menuju Stasiun Malang Kotabaru, bisa menuju Stasiun Malang Kotalama agar lebih dekat.

Sayangnya, tidak semua KA ke arah barat yang berhenti di Stasiun ini. Satu-satunya kereta api yang melintas langsung di Stasiun ini adalah KA Matarmaja saja tujuan Jakarta Pasarsenen. Namun, KA lainnya tetap akan berhenti disini. Bagi penumpang KA Matarmaja tujuan Jakarta Pasarsenen mungkin tetap harus melakukan pemberangkatan dari Stasiun Malang Kotabaru.
KA Tawang Alun (MLK-BG-JR-BW) di Stasiun Malang Kotalama

Berikut Jadwal Keberangkatan KA Jarak Jauh di Stasiun Malang Kotalama per 1 April 2017 (Sesuai GAPEKA 2017).
  1. KA 93 Malioboro Express Pagi (Malang-Yogyakarta)     ||  08.28
  2. KA 41 Gajayana (Malang-Jakarta Gambir)                      ||  13.37
  3. KA 91 Malabar (Malang-Bandung)                                 ||   16.07
  4. KA 141 Majapahit (Malang-Jakarta Pasarsenen)             ||   18.37
  5. KA 95 Malioboro Express Malam (Malang-Yogyakarta) ||  20.17
RED | Nowplay

About Naufal Elnadi

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment