testimoni

testimoni

Inilah Seri 2020, Calon Pengganti Seri 8500 di Jalur Tokyu Den-En-Toshi

Rekaan resmi desain KRL Tokyu seri 2020. Sekilas mirip MRT Jakarta bukan? (Tokyu, via Tetsudo Shinbun)
[17/03] - Dalam menghadapi olimpiade tahun 2020, operator KA di Jepang, terutama di wilayah Tokyo tampak sedang sibuk berbenah diri dengan beberapa cara, salah satunya memperkenalkan jenis kereta baru. Tidak mau ketinggalan dari operator-operator lain, sebut saja JR East dengan seri E235 dan Tokyo Metro dengan seri 13000, 15000 kelompok lanjutan, dan 16000 kelompok lanjutan, Tokyu Corporation baru saja meluncurkan desain terbaru KRL mereka yaitu seri 2020, yang didapuk untuk menggantikan KRL seri 8500 di lintas Den-En-Toshi. Dengan kabar ini, praktis karir KRL seri 8500 di lintas Den-En-Toshi yang sudah malang melintang sejak tahun 1974, atau sudah lebih dari empat dekade tampaknya akan segera benar-benar berakhir.

KRL Tokyu seri 8500 sendiri hari ini masih sangat banyak di lintas Den-En-Toshi dengan total rangkaian yang masih berdinas 24 rangkaian dengan rangkaian tertua yang masih aktif yaitu 8606F dari jumlah asli yaitu 38 rangkaian yang telah berdinas sejak tahun 1974, dengan 8 di antaranya dikirim ke Indonesia pada tahun 2005-2009. Selain KRL seri 8500, juga terdapat KRL seri 5000 berjumlah 18 rangkaian yang telah berdinas di jalur Den-En-Toshi sejak tahun 2002.
Yang akan segera tergantikan - salah satu rangkaian KRL Tokyu seri 8500 di lintas Den-En-Toshi (T. Hanami, Wikimedia)
Berdasarkan rilis resmi yang diluncurkan oleh Tokyu, KRL seri baru ini rencananya akan diperkenalkan mulai musim semi 2018 di lintas Den-En-Toshi. Sebagai tahap awal, akan ada tiga rangkaian 10 kereta yang direncanakan untuk dapat masuk layanan pada periode tersebut. Menurut mereka, KRL ini dibuat dengan keamanan dan kenyamanan penumpang yang lebih menjadi prioritas utama dalam mendesain KRL ini. Tidak hanya melalui press release saja, desain KRL seri baru ini juga diperkenalkan melalui video animasi komputer berdurasi 37 detik seperti yang dapat disimak di bawah ini:

Video animasi komputer desain KRL seri 2020 (Tokyu)

Dari segi teknis, rangkaian ini didesain untuk meningkatkan keamanan dengan kelengkapan kamera CCTV demi keamanan penumpang, serta peralatan pemantau kinerja komponen traksi untuk mencegah kejadian mogok dan meningkatkan kelancaran operasional. Selain itu, rangkaian ini juga didesain agar menjadi lebih irit energi dan juga lebih senyap, sehingga meningkatkan kenyamanan dan juga membuatnya jadi lebih ramah lingkungan.

Sementara dari segi desain interior dan fasilitas, rangkaian ini didesain dengan kursi bersandaran tinggi berwarna hijau muda dengan bentuk dibuat bergelombang. Tidak hanya kursi saja, aspek lain dari interior seperti panel dan sistem pencahayaan juga didesain sedemikian rupa sehingga memberikan kesan pemandangan yang ada di samping rel. Tidak ketinggalan dari desain interior yang baik, Tokyu pun sudah memikirkan fasilitas yang lebih baik pula dengan melengkapi rangkaian ini dengan sistem pembersih udara serta peningkatan sistem pengumuman berupa layar digital pada bagian pintu serta di atas rak bagasi, yang direncanakan untuk dapat menayangkan berbagai informasi dalam berbagai bahasa.
Rekaan resmi interior KRL Tokyu seri 2020 (Tokyu, via Tetsudo Shinbun)
Tidak ketinggalan juga eksterior yang didesain dengan konsep "INCUBATION WHITE" dengan muka membulat  yang jika dilihat sekilas, desain eksterior dari KRL ini memang mirip dengan desain terbaru KRL MRT Jakarta. Keseluruhan aspek dari KRL seri 2020 ini didesain oleh Tanseisha, sebuah biro desain interior yang juga mendesain fasilitas umum milik Tokyu.

Pemilihan angka 2020 sendiri bukanlah tanpa alasan. Memang angka seri 2000 di Tokyu telah ada, tetapi KRL seri 2020 tidak terkait sama sekali dengan seri 2000 seperti halnya seri 5050 dengan seri 5000. Angka 2020 dipilih untuk dipaskan dengan tahun penyelenggaraan olimpiade di Tokyo. Selain itu, angka 2020 dipilih karena berdekatan dengan peringatan seabad berdirinya Tokyu Corporation pada tahun 2022 nanti. 

Dengan berdinasnya KRL seri 2020 kelak, tentunya tidak hanya warna-warni perkeretaapian di Tokyo menjadi lebih beragam, tetapi lintas Den-En-Toshi akan mendapat penyegaran yang sudah lama sangat sangat dibutuhkan dengan tergantikannya KRL seri 8500 yang sudah terlihat sangat berumur.

Sumber:
Tokyu

Railway Enthusiast Digest | Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment