testimoni

testimoni

KAI Ingin 3 Jalur Mati Ini Aktif Kembali

Stasiun Bukittinggi
Skycrappercity

[2/3]. Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub dan PT KAI saat ini tengah berusaha mengaktifkan kembali sejumlah jalur kereta api yang telah lama mati di Jawa dan Sumatera. Ada begitu banyak jalur mati di Indonesia sehingga menimbulkan pertanyaan di kalangan pemerhati, masyarakat, serta pecinta kereta api, jalur manakah yang akan diaktifkan terlebih dahulu? Dan kapan reaktifasi akan dilakukan?

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Dirut PT KAI Edi Sukmoro dengan Detik Finance, PT KAI mengusulkan 3 jalur kereta api untuk diaktifkan terlebih dahulu. Diusulkannya 3 jalur ini karena jalur ini merupakan jalur prioritas alias berada di wilayah yang ada permintaan operasional kereta api, baik oleh masyarakat maupun pemerintah setempat.

Edi mengatakan bahwa reaktifasi jalur merupakan tugas dari Kemenhub, dalam hal ini DitjenKA. Untuk jalur mana yang akan direaktifasi masih harus dibicarakan dengan Kemenhub karena ada banyak pilihan jalur mati untuk diaktifkan. Untuk kesiapan jalur, Edi mengatakan semua jalur siap. Hanya saja anggaran reaktifasi ini akan diprioritaskan ke mana.

Stasiun Cipatat semasa masih aktif melayani KA Lokal Cianjuran atau Argo Peuyeum
Semboyan 35
Pihak KAI sendiri telah mengusulkan 3 jalur yang akan diprioritaskan untuk direaktifasi ke Kemenhub. 3 jalur tersebut diantaranya adalah Padang-Bukittinggi, Bandung-Ciwidey, dan Cianjur-Padalarang. Pertimbangan 3 jalur ini menjadi prioritas adalah dengan melihat kebutuhan masyarakat. Misalnya jalur Bandung-Ciwidey yang masuk prioritas karena kemacetan jalan antara Bandung dan Ciwidey yang semakin parah. Namun Edi menyerahkan semuanya kepada DitjenKA mengenai jalur mana yang akan direaktifasi.

Edi juga mengatakan saat ini Kemenhub tengah memprioritaskan reaktifasi jalur Bandung-Jatinangor. Reaktifasi jalur ini dilakukan untuk mempermudah akses mahasiswa karena di dekat jalur ini terdapat perguruan tinggi besar seperti Unpad dan ITB. Pihak KAI sendiri mendukung penuh proses reaktifasi jalur ini.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment