testimoni

testimoni

Kereta Api Petikemas Cibungur-Indro Mulai Beroperasi

Ilustrasi kereta angkutan petikemas
(17/3) - Pengangkutan barang menggunakan kereta api di pulau Jawa semakin menggeliat. Kemarin (16/3), PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung bersama dengan PT Richmount Agro Chem meresmikan ujicoba kereta api angkutan petikemas relasi Cibungur-Cikampek-Kandangan-Indro dengan jarak tempuh 650 kilometer.

Kereta angkutan petikemas yang diberi nama Richmount Northern Express 2 (RNE 2) ini memiliki formasi baku 1 lokomotif dan 20 gerbong datar yang mampu mengangkut petikemas sebanyak 40 TEUs atau setara dengan 840 ton. Dengan nomor perjalanan dari Cibungur-Cikampek-Kandangan-Indro yaitu KLB KP/11455-11530-11537 dan Indro-Kandangan-Cikampek-Cibungur yaitu KLB KP/11538-11543-11540, setiap satu kali perjalanan kereta ini memakan waktu 14 jam, dengan kecepatan maksimal 75 kph. Nantinya, RNE 2 akan beroperasi setiap hari Senin dan Kamis. Dari Cibungur, RNE 2 akan mengangkut pupuk produksi PT Pupuk Kujang Cikampek. Sedangkan dari Indro, RNE 2 akan mengangkut semen produksi PT Semen Indonesia.

Sebelumnya, Stasiun Cibungur memang sempat menjadi terminal petikemas, seperti halnya Stasiun Solo Jebres dan juga Stasiun Indro. Namun karena sepinya KA barang di masa lalu membuat terminal petikemas Cibungur terpaksa dinonaktifkan. Pengaktifan kembali terminal petikemas Cibungur ini juga menyusul pengaktifan kembali terminal petikemas Solo Jebres yang kini digunakan oleh kereta api barang parcel, dan terminal peti kemas Indro. Aktif kembalinya terminal-terminal petikemas ini juga sebagai wujud dukungan PT Kereta Api Indonesia dengan pelaku-pelaku usaha dalam mendukung perekonomian negeri.

Sebelumnya, perusahaan penyewa kereta ini yaitu PT Richmount Agro Chem bersama dengan PT Kereta Api Indonesia telah mengoperasikan kereta angkutan petikemas relasi Tanjung Priok-Kandangan-Indro, yang menjadi titik aktif kembalinya Stasiun Indro setelah mati suri selama beberapa tahun. Stasiun Indro yang berada di wilayah Gresik ini sebelumnya pernah melayani kereta api angkutan semen produksi Semen Gresik.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment