testimoni

testimoni

Kereta Pertama Melintasi Jembatan di Perbatasan Iran-Azerbaijan

Kereta pertama melintasi jembatan di perbatasan Iran-Azerbaijan
Railway Gazette

[8/3]. Mimpi negara-negara di Benua Asia untuk menghubungkan bangsa mereka dengan kereta api mulai mendekati kenyataan. Jembatan kereta yang menghubungkan Azerbaijan dengan Iran telah selesai dibangun. Dilansir dari Railway Gazette, selesai dibangunnya jembatan ini ditandai dengan melintasnya kereta pertama di jembatan tersebut pada Jumat (3/3) lalu.

Rangkaian kereta pertama ini terdiri atas 1 lokomotif GE/LKZ TE33A dan dua kereta penumpang. Pembangunan jalur antar bangsa ini disetujui oleh Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada 7 Desember 2015 serta ground breaking dilakukan pada 20 April 2016 lalu. 

Proyek jalur kereta antar bangsa ini mencakup pembangunan jembatan dengan bentang 82,5 meter, lebar 11,8 meter, serta tinggi 8 meter yang membentang di atas Sungai Astarachay yang berada di perbatasan kedua negara dan 16 kilometer jalur baru dengan lebar sepur standar Uni Soviet, 1520 milimeter.


Selain itu, akan dibangun terminal petikemas seluas 35 hektar di wilayah Iran. Selain untuk aktifitas bongkar-muat kargo, terminal ini juga terdapat fasilitas untuk mengubah lebar sepur kereta dari standar Iran (1435 mm) ke standar Azerbaijan/Uni Soviet (1520 mm). Azerbaijan sendiri saat ini juga sedang mengupgrade jalur antara Rasht dan Astara. 

Proyek jalur kereta ini merupakan bagian dari pengembangan jalur kereta barang Mumbai-Eropa Utara lewat Iran dan Azerbaijan. Setelah jalur ini jadi, diperkirakan dapat mempersingkat waktu tempuh angkutan barang dari Mumbai ke Moscow hingga 23 hari saja. Termasuk perjalanan laut dari Mumbai ke Iran.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment