testimoni

testimoni

Kereta Tenaga Hidrogen Alstom Jalani Uji Coba

Tampilan Coradia iLint yang merupakan kereta bertenaga Hidrogen pertama di dunia
National Geographic Indonesia

[17/3]. Setelah diluncurkan di Perancis pada September 2016 lalu. Kereta hybrid bertenaga Hidrogen dan baterai Litium buatan Alstom, Coradia iLint menjalani uji coba pertamanya. Dilansir dari Railway Gazette, uji coba iLint dilakukan di jalur uji pabrik Alstom yang berlokasi di Salzgitter, Lower Saxony, Jerman di mana kereta ini dibuat.

Dalam uji coba yang dilakukan di Jerman. Diketahui Coradia iLint dapat mencapai kecepatan 80 km/jam. Dalam uji coba lainnya yang dilakukan di jalur uji lingkar yang berada di Velim, Republik Ceko. iLint dapat mencapai kecepatan maksimal 140 km/jam. Uji coba di Salzgitter akan dilakukan selama setahun ke depan.

Sedangkan untuk uji lintasnya sendiri, rangkaian masih menunggu terbitnya nomor seri dari German Federal Railway. Diperkirakan uji lintas dapat dilakukan pada akhir 2017 mendatang. Uji lintasnya sendiri akan dilakukan di jalur tempat Coradia iLint akan beroperasi. Yakni di jalur Bremerhaven-Cuxhaven/Buxtehude oleh perusahaan yang akan mengoperasikan Coradia iLint, Verkhersbetriebe Elbe-Weser.   

Rangkaian Coradia iLint sendiri telah lulus uji statis untuk memverifikasi sistem pengereman dan kelistrikan kereta. TÜV Süd telah memverifikasi sistem keamanan pada baterai, sistem tangki bertekanan tinggi, dan penanganan baterai.

baca juga: Kereta Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia Diluncurkan di Prancis

Coradia iLint merupakan hasil pengembangan dari KRD Coradia Lint yang telah beroperasi sejak 1996. Rangkaian ini merupakan kereta hybrid, atau kereta yang menggunakan 2 sumber tenaga penggerak yakni baterai Litium dan mesin berbahan bakar Hidrogen. Rencananya Coradia iLint akan dioperasikan di jalur Bremerhaven-Cuxhaven/Buxtehude untuk menggantikan rangkaian KRD yang beroperasi di sana pada 2018 mendatang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment